Brand Ambassador, Purchase Interest And Testimonies On Online Purchase Decisions In Instagrams In Students In Pandai Sikek Village

Authors

  • Fitri Mawita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”
  • Febsri Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i2.1663

Keywords:

Purchase Decision, Brand Ambassador, Purchase Interest and Testimonials.

Abstract

This study aims to examine the influence of brand ambassadors, purchase intention and testimonials on decisions online purchases on Instagram for students in the pandai sikek village. This type of research is quantitative, where this research uses numerical data and the research process emphasizes measuring objective results using statistical analysis. The population in this study were students in the pandai sikek village who had made online purchases on Instagram. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method based on certain criteria, namely students who have done online shopping on Instagram, the number of samples is 100 people obtained using the Lemeshow formula. The data analysis technique used multiple linear regressions test using SPSS version 16.00. The hypothesis is tested using the t test at α = 0.05. The results of this study indicate that brand ambassadors, purchase interest and testimonials have a positive and significant effect on online purchase decisions on Instagram for students in the pandai sikek village.

References

Andini, W. &. (2017). Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Ekonomi Manajemen Sumberdaya, 19. No. 1.

Ardiansyah, Widiana, E. M., & Pudjowati, J. (2014). Pengaruh Testimoni Selebgram Dan Gambar Produk Fashion Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Branchmarck, 4(1), 86–96.

Cahya, H. (2018). Pengaru Testimonial dan Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Queen Hijab Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 6(4), 1384–1398.

Cahya, Heny. (2018). Pengaruh Testimonial dan Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Melalui Media Sosial Instagram pada Toko Queena Hijab Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 6(4), 1384–1398.

E Larasari, L. & L. M. (2018). Pengaruh Brnd Ambassador dan Even Sponsorship terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Sains " Journal Manajemen Dan Bisnis, XI(5), 261–280.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Qiara Media.

Hamsah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Center of Economic Student Jouranl, 1(1), 123–132.

Hamzah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 1(1), 123–132.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). EKSIS, 10(1), 13–27.

Kanuk, G. L. S. & L. L. (2010). Conumer Behvior Tenth Edition. Pearson Education.

Kotler keller. (2014). Prinsip prinsip Manajemen Pemasaran. Airlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran (3rd ed.). Airlangga.

Kuncoro, A. S. dan A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambasador Minat Beli dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, XI(5), 261–280. https://doi.org/https://doi.org/10.35448/jmb.v10i2.42340.35448/jmb.v10i2.4234

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication. Wiley.

Magdalena, P. A., Suharyono, & Mukhammad. (2015). Pengaruh Brand Ambassador terhadap International Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pengguna smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(1), 1–7.

Maghfiroh,A, Arifin,Z., & S. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo. Administrasi Binis, 40(1), 132–140.

Montjai,O.,Tewal,B., & Lengkong, V. . (2014). Motivasi, Sikap dan Minat Bei Konsumen pengaruhnya tehadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. EMBA, 2(4), 35–45.

Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. P. . (2014). Motivasi, Sikap, dan Minat Beli Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 35–45.

Ningrum,M.S.,& Tresnati, R. (2018). Pengaruh Iklan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Klinik Vanela Beauty Care Padalarang). Prosiding Manajemen, 4(1), 274–279.

Cahya, H. (2018a). Pengaru Testimonial dan Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Queen Hijab Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 6(4), 1384–1398.

Cahya, H. (2018b). Pengaruh Testimonial dan Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Melalui Media Sosial Instagram pada Toko Queena Hijab Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 6(4), 1384–1398.

E Larasari, L. & L. M. (2018). Pengaruh Brnd Ambassador dan Even Sponsorship terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Sains " Journal Manajemen dan Bisnis, XI(5), 261–280.

Hamsah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Center of Economic Student Jouranl, 1(1), 123–132.

Kuncoro, A. S. dan A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambasador Minat Beli dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Magdalena, P. A., Suharyono, & Mukhammad. (2015). Pengaruh Brand Ambassador terhadap International Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pengguna smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(1), 1–7.

Maghfiroh,A, Arifin,Z., & S. (2016). pengaruh citra merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian (survei pada mahasiswa program studi administrasi bisnis tahun angkatan 2013/2014 fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya malang pembeli indosat ooredoo. Administrasi Binis, 40(1), 132–140.

Montjai,O.,Tewal,B., & Lengkong, V. . (2014). Motivasi, Sikap dan Minat Bei Konsumen pengaruhnya tehadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. EMBA, 2(4), 35–45.

Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. P. . (2014). Motivasi, Sikap, dan Minat Beli Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 35–45.

Ningrum,M.S.,& Tresnati, R. (2018). pengaruh iklan testimoni terhadap keputusan pembelian (Survey pelanggan klinik vanela beauty care padalarang). Prosiding Manajemen, 4(1), 274–279.

P Magdalena dan Suharyono, M. (2015). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap International Brand Imagae Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 23(1), 1–7.

Rahmawati. (2018). Pengaruh Harga dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(4), 143–150.

Royan, F. (2004). Marketing Celebrities. PT. Elex Media Computindo.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari-April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Sugiyono. (2017). metode penelitian bisnis. S,Y SURYANDARI (ed); 3rd ed) Alfabeta.

Susant, F., & Faulina, T. (2023). Pengaruh gaya hidup dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian smartphone merek samsung di bhintang ponsel padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3, 560–578.

Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I Smkn 1 Painan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2, 1318–1331.

Utama, R. D. H., & Rosalina, F. (2016). Pengaruh Testimoni Dalam Periklanan (The Influence of Testimony in Advertising). Manajerial, 15(1), 97–117.

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Fitri Mawita, & Febsri Susanti. (2023). Brand Ambassador, Purchase Interest And Testimonies On Online Purchase Decisions In Instagrams In Students In Pandai Sikek Village. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 291–309. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i2.1663