Persepsi Harga Dan Fasilitas Pada Kepuasaan Pengunjung Di Marawa Beach Club Di Kota Padang

Authors

  • Maria Magdalena Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”. Padang
  • Widya Permatasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”. Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i2.1645

Keywords:

price perception, amenities and visitor satisfaction

Abstract

Based on the formulation of the problem in this study is how the influence of price perception on visitor satisfaction at Marawa Beach Club in Padang City and how the influence of facilities on visitor satisfaction of Marawa Beach Club in Padang City. This type of study uses quantitative methods, data collection through the distribution of questionnaires to 100 respondents with the sampling used in this study is non-probability sampling with accinndetal sampling techniques.  By using instrument tests, validity tests and reality test, deskriprif tests, classical assumption tests normality tests, multicollinearity tests and heteroschidasticity tests then multiple linear regression and hypothesis tests with the help of SPSS applications. The results of the study show that price perception has a positive and significant effect on visitor satisfaction and facilities have a positive and significant effect on visitor satisfaction. So it can be concluded in this study found that the variables of price perception and facilities have a positive and significant effect on visitor satisfaction at Marawa Beach Club in Padang City. Where the calculated t value is greater than the table t.

References

Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko BNJ Elektronik Kota Lubuk Linggau. Buletin Bisnis & Manajemen, 02(01), 41–63.

Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. Ekonomi, 03(01), 36–46.

Daffa, K. Van, Ratnasari, I., Ekonomi, F., Singaperbangsa, U., Sempur, P., & Image, D. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.5847407

Falaq, M., Sjukriana, J., & Afifah, H. N. (2022). `. Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat. 17.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (n.d.). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ).

Hartini, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Sakura Palangkaraya. Al - Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(April), 404–408.

Harjati, L. (2015). MASKAPAI PENERBANGAN TIGER AIR MANDALA (Vol. 1).

Isnana, Iranita, & Sofia, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di New Marjoly Beach and Resort dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening. Repository Umrah, 1–18.

Kotler dan keller (2012). Manajemen pemasaran, Edisi 12

Kotler dan Philip (2015). prinsip-prinsip pemasaran

Kotler dan Amstrong (2015). "Harga Kualitas Produk Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. prinsi-prinsip pemasaran jilid 1

Mardiyani, Y., & Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.

Muhammad, J. (2018). pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. 1(1), 107–115.

Mursyid. (2018). pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Real Cafe Di Kota Makassar.

Nawari, & Mahfudho, N. L. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Education Gondang Outbond (Wego) Lamongan. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 2(1), 72–86.

Nur, M., & Fadili, D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 38. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.10151

Pantilu, D., Koleangan, R. A. ., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3723–3732.

Puspita. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. 1–19.

Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial , Daya Tarik , Harga Tiket , dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. 12(1), 125–136.

Rahmawati. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan the koffee jakarta. 25(1), 68–78.

Rahmadi, (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu menginap di hotel sahid batam center.

Rahman. (2013). PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG.

Sirait, H. (2018). Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Bukit Gibeon Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 13(1). https://doi.org/10.24114/plans.v13i1.9815

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari (Ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2015). metode penelitian bisnis (edisi 3).

Tahir. M.A, I. E. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta. Proceeding SENDIU, 978–979. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8028/2998

Triandini, R., & Yusrini, L. (2018). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor. Jurnal EDUTURISMA, III(1), 1–20.

Wulandari, O. A. D., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengunjung Di Owabong Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1319

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Maria Magdalena, & Widya Permatasari. (2023). Persepsi Harga Dan Fasilitas Pada Kepuasaan Pengunjung Di Marawa Beach Club Di Kota Padang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 204–219. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i2.1645