Analisis Modal Sosial Sebagai Prediktor Berbagi Pengetahuan Tacit Pada Wirausaha Di Kabupaten Gresik

Authors

  • Khoirur Rozaq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.1566

Keywords:

Social capital, innovative, sharing knowledge

Abstract

Social capital is a strong network in the form of relationships between individuals that develop over time, trust and collective action within an organization arise. The level of social capital owned by company employees or business people can affect the transfer of knowledge, especially in establishing relationships and collaborating with business partners to develop their own business which will ultimately affect innovative work behavior. The purpose of this study was to determine the effect of social capital on the sharing of tacit knowledge and its effect on the ability to innovate. The population in this study are 2 company employees and 2 business actors. Methods of data collection using observation and interviews. The analytical method used is descriptive analysis. The results showed that social capital had a significant positive effect on knowledge transfer and innovative work behavior.

References

Asbari, et al. (2020). Pengaruh Hard Skills, Soft Skills dan Mediasi Budaya Sekolah Terhadap Kapabilitas Inovasi Guru di Jawa Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Maret 2020. Vol.6, No.1 e-ISSN: 2442-7667 pp. 67-87

Aziz. (2020). Tinjauan Literature tentang Knowledge Management: Definisi Konseptual, Dasar Teoritik dan Praktik Knowledge Management, serta Perkembangan Penelitiannya dalam Bidang Ilmu Manajemen dan Pendidikan. INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 2, April 2020 ISSN: 2622-6161 (Online) 2598-8514 (Print)

Basit, et al. (2019). Knowledge Sharing Behavior,Disiplin Kerja dan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Astria Mandiri Kadungora. Jurnal Mahasiswa Ekonomi, Vol. 18; No. 03; Tahun 2019 Halaman 158-170

Elistia, et al. (2022). Dampak Sosial Capital dan Entrepreneurial Orientation. Journal of Innovation Research and Knowledge. Vol.1 No.10 Maret 2022

Hanifah. (2020). Peluang dan Tantangan Penggunaan Media Sosial sebagai Media Berbagi Pengetahuan bagi Petani. Jurnal Institut Pertanian Bandung. Vol 6, No. 1 (2022)

Johan et al. (2021). Kepemimpinan Karismatik dalam Perspektif Karyawan UMKM: dari Motivasi Intrinsik hingga Tacit Knowledge Sharing. Jurnal Edumaspul, 5 (1), Year 2021- 599 Kusumawati. (2019). Hubungan antara Modal Sosial dengan Difusi Inovasi Sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Lokal. Geoplanart, Vol 2 No 1

Nurchayati. (2020). Membangun Kinerja Perusahaan Melalui Peningkatan Perilaku Inovatif dan Motivasi Berbagi Pengetahuan (Studi Pada IKM Kraf Kabupaten Semarang). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 3 No 2, Juni 2020 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259 DOI : https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.208

Nurhidayati. (2020). Knowledge Sharing Sebagai Mediasi Penentu Perilaku Inovasi Melalui Agreeableness dan Openness to Experience. Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 4Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 28 Oktober 2020 ISSN. 2720-9687

Nurisman et al. (2021). Kinerja Individu Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Berbagi Pengetahuan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial e-ISSN:2550-0813| p-ISSN:2541-657X| Vol 8 No8Tahun2021 Hal. : 2794-2805

Novitasari, et al. (2021). Tacit Knowledge Sharing di Sekolah Islam: Analisis Kepemimpinan dan Iklim Keamanan Psikologis. Jayapangus Press ISSN 2615-0891 (E) Vol. 4 No. 2 (2021)

Pangabean, et al. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kompetensi Melalui Budaya Organisasi Sebagai Mediator. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Volume 11 No.2 Tahun 2021

Prasetiawan, et al. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerjanya Karyawan Melalui Inovasi (Studi Kasus pada Karyawan PT Telkom Regional III Bandung Jawa Barat). ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.8, No.2 April 2021

Rohmiyati. (2019). Faktor-Faktor Pembentuk Tacit Knowledge pada Individu. ANUVA Volume 3 (2): 185-189, 2019 Copyright ©2019, ISSN: 2598-3040 online

Sumekar. (2021). Berbagi Pengetahuan: Kinerja Bisnis dan Inovasi UKM Bordir dan Konveksi di Kabupaten Kudus. Jurnal Bingkai Ekonomi. JBE Vol. 7 , No. 1. , Januari 2022, pp: 56 - 70

Wujarso, et al. (2022). Implementasi Berbagi Pengetahuan Sebagai Keunggulan Perusahaan Dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. e-ISSN: 2598-8719 (Online), p-ISSN: 2598-800 ( Printed), Vol. 6 No. 3, Agustus 2022

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Khoirur Rozaq. (2022). Analisis Modal Sosial Sebagai Prediktor Berbagi Pengetahuan Tacit Pada Wirausaha Di Kabupaten Gresik. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 270–285. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.1566