Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1040Keywords:
Ekonomi kreatif, Wisata, EndemikAbstract
Industri ekonomi kreatif merupakan salah satu potensi terbesar bagi Indonesia. Faktor sumber daya alam yang berlimpah dan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia (3,43% dari total penduduk dunia) turut menambah daya tawar Indonesia selaku negara yang memiliki peluang pasar ekonomi kreatif. Melihat peluang pasar yang besar dan terus tumbuh serta potensi yang tidak hanya datang dari masyarakat Indonesia. Sektor ekonomi kreatif Indonesia semakin menjanjikan dan memungkinkan para pelaku industri kecil atau UMKM dapat berkembang menjadi industri multinasional yang dapat menjalankan kegiatan usahanya di berbagai negara. Paper ini adalah kualitatif analisis, dengan judul “Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik” dengan unit analisis adalah pedagang atau UMKM kreatif di Kawasan Wisata Situ Lengkong Panjalu. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi alternatif yang banyak keluar pada analisis SWOT yaitu Pentrasi pasar dan Integrasi kebelakang.
Downloads
References
Antares, R. (2020). Enam Jurus Bisnis UMKM Hadapi Covid-19. TAGAR.https://www.tagar.id/enam-jurus-bisnis-umkm-hadapi-covid19
Kemenparekraf. (2021). Sub-sectors industry ekonomi kreatif. Retrieved October, 24 2021, From https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589839632_OPUS_-_Creative_Economy_Outlook_2019_(English_Version).pdf
Rizki, (2021) in Investor.id, Halal trade forum: Produk halal dan busana muslim jadi
unggulan Indonesia. Retrieved Febuary, 10 2022, from https://investor.id/business/268146/halal-trade-forumnbspproduk-halal-dan-busana-muslim-jadi-unggulan-indonesia
Statista. (2021). Most popular social networks worldwide as of October 2021, ranked
by number of active users. Retrieved November, 1 2021, From https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/
Streimikiene, D., Kacerauskas, T. (2020). The creative economy and sustainable development: The Baltic states. Wiley