PEMANFATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA Di SMPN 2 BUKITTINGGI

Authors

  • Rizky Handayani Pasaribu Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Refnita Refnita SMP Negeri 2 Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.971

Keywords:

Media Pembelajaran, Powtoon, Motivasi Belajar

Abstract

Pemanfaatan media pemberlajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap kemauan para siswa dan siswi dalam belajar. Powtoon merupakan aplikasi web yang bisa dibuka siapa saja, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran dikarenakan didalamnya banyak fitur-fitur yang yang membantu dalam membuat media pembelajaran seperti fitur animasi dan lainnya yang bisa di gunakan dengan mudah. Pemasalahan yang muncul adalah apakah media pembelajaran berbasis web ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas VII pada SMP Negeri 2 Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan berdasarkan penetitian dengan cara menyebar angket penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. D. Listyanto and S. Munadi, “Pengaruh pemanfaatan internet, lingkungan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 3, pp. 293–306, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i3.1844.

G. J. Tiruan, “Pengembangan Game Jumanji Tiruan sebagai Media Pembelajaran PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD NRI tahun 1945 bagi Peserta Didik Kelas X di MA Al Falah Bangilan Tuban Rikhanatuz Zuhriyah Abstrak,” pp. 481–495, 2008.

S. A. D. Ferry Muhammad Siregar, “Ilmu Dan Orang Berilmu Dalam Al-Qur’an: Makna Etimologis, Klasifikasi, Dan Tafsirnya,” Empirisma, vol. 24, no. 1, pp. 1–5, 2015, doi: 10.30762/empirisma.v24i1.14.

A. H. Pito, “Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an,” Andragogi J. Diklat Tek. Pendidik. dan Keagamaan, vol. 6, no. 2, pp. 97–117, 2018, doi: 10.36052/andragogi.v6i2.59.

R. Mulyana, “Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli Dan Berbudaya Lingkungan,” J. Tabularasa PPS Unimed, vol. 6, no. 2, pp. 175–180, 2009.

Marzuki, “PENDAHULUAN Jika diperhatikan isi Undang-Undang Dasar 1945, ada dua hal pokok terkait dengan pendidikan nasional, yaitu:,” J. Penelit. Hum., vol. 17, no. 2, pp. 16–39, 2012.

L. Efriyanti and F. Annas, “Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 5, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.30983/educative.v5i1.3132.

M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 1, p. 15, 2020, doi: 10.51211/imbi.v5i1.1411.

J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 1, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.

Z. Anggita, “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Konfiks J. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 44–52, 2021, doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4538.

R. B. Pratama, “Metodologi Penelitian,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 28–55, 2019.

H. W. Priandoko, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, no. 1, pp. 87–119, 2017.

Z. Wiwit Nopriyanti, Ikrima Mailani, “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean,” J. AL-HIKMAH, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2020.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rizky Handayani Pasaribu, Refnita Refnita, & Liza Efriyanti. (2022). PEMANFATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA Di SMPN 2 BUKITTINGGI. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 1(4), 104–115. https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.971