Pengaruh Penggunaan HandPhone Terhadap Hasil Pekerjaan Rumah Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII.1 MTsN 2 Pasaman Barat

Authors

  • Yenni Mardiah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulil Amri MTsN 2 Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.969

Keywords:

Penggunaan Handphone, Hasil Pekerjaan Rumah Siswa, Tik

Abstract

. Kurangnya minat baca siswa terhadap buku paket sehingga membuat siswa malas mengerjakan pekerjaan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk Menggambarkan pengaruh penggunaan handphone terhadap hasil pekerjaan rumah siswa kelas VIII.1 MTsN 2 Pasaman Barat. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperiment, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 MTsN 2 pasaman barat yang berjulah 31 orang siswa. Pengambilan sampel menggunkan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 pasaman Barat. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi yaitu nilai pekerjaan rumah sswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data pada penelitian ini menngunakan teknik uji-t. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 september sampai 17 Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan handphone terhadap hasil pekerjaan rumah siswa kelas VIII.1 MTsN 2 pasaman Barat setelah di terapkannya penggunaan handphone sebagai sumber belajar untuk mengerjakan pekerjaan rumah nilai siswa dikatakan baik secara signifikan dan bisa dilihat dari hasil nilai pekerjaan rumah dengan menggunakan uji-t Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para guru dan, terlebih khusus, para orang tua dalam mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar dan mengontrol anak-anaknya dalam menggunakan HP

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Alifzal, M. P. Drs. Budi Purnomo, M. Hum., and M. H. Nelly Indrayani, S. Hum., “Pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi,” pp. 1–15, 2018.

Karlina, “Teknologi Dan Komunikasi,” pp. 9–26, 2018.

B. R. W. Adiyanti Klementina Kidahane, Angla F. Sauhenda, “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa,” J. Magistra, vol. 6, no. 1, pp. 34–44, 2019, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/268213993.pdf.

R. Abdullah, “Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar,” J. Ilm. Didakt., vol. 12, no. 2, pp. 216–231, 2012, doi: 10.22373/jid.v12i2.449.

A. E. Setyanto, “Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi,” J. ILMU Komun., vol. 3, no. 1, pp. 37–48, 2013, doi: 10.24002/jik.v3i1.239.

T. Handayani, “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan bolt,” pp. 143–154.

A. Nuha, “Populasi Dan Sampelر,” Pontif. Univ. Catol. del Peru, vol. 8, no. 33, p. 44, 2017.

P. Rahayu, “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak,” Al-Fathin J. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 2, no. 1, p. 47, 2019, doi: 10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Yenni Mardiah, Liza Efriyanti, & Ulil Amri. (2022). Pengaruh Penggunaan HandPhone Terhadap Hasil Pekerjaan Rumah Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII.1 MTsN 2 Pasaman Barat. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 1(4), 116–126. https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.969