PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KELOMPOK BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA KELAS VII MTsN 7 AGAM
DOI:
https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.957Keywords:
Model pembelajaran Kelompok Belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran menggunakan kelompok belajar di MTsN 7 Agam. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran menggunakan kelompok belajar di MTsN 7 Agam. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikannya tindakan melalui model pembelajaran menggunakan kelompok belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang terdiri dari 12 orang laki-laki 19 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran menggunakan kelompok belajar di MTsN 7 Agam, hal ini terbukti dari tingkat ketuntasan belajar siswa maka siklus 1 (71%) < Siklus 2 (84%), maka peningkatan ini terlihat bahwa peningkatan dari siklus pertama sebesar 13%.
Downloads
References
Ashari, N. W. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok Dengan Tugas Individu ( Pkti ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Non-Matematika. Pedagogy, 1(3), 108–118.
Dewi, : Sri Gita Multri, & Gunawan, H. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. 3(2), 202–214.
Ernawati, Septiwiharti, D., & Palimbong, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok ( Learning Group ) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa. Jurnal Kreatif Online Tadulako, 1(1), 103–113.
Kartikasari, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Kerja Kelompok Di Smp Negeri 3 Palemban. Wahana Didaktika, 15(3), 42–52.
N.K., R. (2012). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Outcomes, S. L., Studies, S., & Eyes, L. (n.d.). Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. 1–10.
Piliang, F. M. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing. Jurnal Metabio, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.36985/jpbm.v8i2.390
Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M. P. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media.
Sri Kayatun, Hery Kresnady, S. (2013). PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR.