ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN KLASIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH BAHASA PEMROGRAMAN

Authors

  • Dhea Halimah STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia
  • Muhammad Ridwan Lubis STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia
  • Widodo Saputra STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i3.534

Keywords:

Algoritma C4.5, Data Mining, Klasifikasi, Matakuliah, Tingkat Pemahaman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan klasifikasi dalam menentukan tingkat pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman dengan menggunakan metode data mining C4.5. Dengan mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa, pihak prodi dapat memberi masukan yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan kepada para dosen dalam melaksanakan program kegiatan belajar mengajar terhadap mahasiswa dan dapat lebih meningkatkan pembelajaran apabila tingkat pemahaman sudah baik. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan kepada Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar semester 4 dan semester 6 prodi sistem informasi. Adapun Kriteria yang digunakan diantaranya Minat Mahasiswa (C1), Motivasi (C2), Komunikasi (C3), Media Pembelajaran (C4), Sarana dan Prasarana (C5). Proses uji penelitian mengunakan software RapidMiner untuk membuat pohon keputusan. Dari hasil pengolahan C4.5 dengan menggunakan bantuan software RapidMinner adalah atribut C2 (Motivasi) menjadi atribut yang paling berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman dan data performance yang ditunjukkan terhadap kesesuaian metode C4.5 akurasinya adalah 84.38%.

References

rjaan menggunakan Algoritma C4.5. 1(1), 47–51.

Mulyana, F. (2019). Universitas Sumatera Utara Skripsi.

Novika, T., Poningsih, P., Okprana, H., Windarto, A. P., & Siahaan, H. (2021). Penerapan data mining klasifikasi tingkat pemahaman Siswa pada pelajaran Matematika. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 9. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2498

Raharjo, M. R., & Windarto, A. P. (2021). Penerapan machine learning dengan konsep data mining rough set ( prediksi tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Matakuliah ). MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5, 317–326. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2745

Riandari, F., & Simangunsong, A. (2019). Penerapan algoritma C4.5 untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa. Jurnal Mantik Penusa, 3(2), 1–7.

Saputra, K. A., Hardinata, J. T., Lubis, M. R., Andani, S. R., & Saragih, I. S. (2020). Klasifikasi Algoritma C4.5 dalam penerapan tingkat kepuasan Siswa terhadap media pembelajaran online. Media Online, 1(3), 113–118.

Setio, P. B. N., Saputro, D. R. S., & Bowo Winarno. (2020). Klasifikasi dengan pohon keputusan berbasis Algoritme C4.5. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 64–71.

Sitorus, D. R., Windarto, A. P., Hartama, D., & Damanik, I. S. (2019). Penerapan klasifikasi C4.5 dalam meningkatkan Sistem pembelajaran Mahasiswa. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 593–597. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1665

Sulastri, H., & Gufroni, A. I. (2017). Penerapan data mining dalam pengelompokan penderita Thalassaemia. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 299–305. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.299-305

Takalapeta, S. (2018). Penerapan data mining untuk menganalisis kepuasan konsumen menggunakan metode Algoritma C4.5. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 34–38. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.186

Zer, P. P. P. A. N. . F. I. R. ., Hartama, D., & Andani, S. R. (2019). Analisa faktor dominan Mahasiswa kesulitan memahami Bahasa Pemrograman menggunakan Metode C4.5. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 492. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.55

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Dhea Halimah, Muhammad Ridwan Lubis, & Widodo Saputra. (2022). ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN KLASIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH BAHASA PEMROGRAMAN. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 1(3), 24–38. https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i3.534