Perbandingan Penggunaan Caliper Racing dan Kecepatan Terhadap Jarak Pengereman Roda Depan Sepeda Motor Matic 110cc

Authors

  • Adji Nur Permana Politeknik Negri Malang
  • Ahmad Hanif Firdaus Politeknik Negri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v3i3.4211

Keywords:

standard caliper, racing caliper, braking distance, braking time

Abstract

Caliper is an important thing in a vehicle, because at this time there are many caliper brands from domestic and foreign manufacturers with different qualities. Caliper quality affects braking performance. So it takes a caliper that has the best braking performance, many automotive manufacturers introduce calipers with different brands such as domestic or foreign brands, which are no less good quality with original products. The purpose to be achieved in this study is to determine the effect of differences in the type of standard caliper with racing caliper on braking distance and braking time of Scoopy 110 CC motorcycle in order to get which caliper gets better braking performance. The results of the study obtained an average decrease in braking time of 6.27% at a speed of 20 km / h, 6.4% at a speed of 40 km / h, and 6.63% at a speed of 60 km / h and an average decrease in braking mileage of 6.14% at a speed of 20 km / h, 6.24% at a speed of 40 km / h, and 6.34% at a speed of 60 km / h.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sopiyan, D. R. (2022). “Efek Penggunaan Double dan Single Piston Caliper Terhadap Waktu dan Jarak Tempuh Pada Pengereman Sepeda Motor 125 CC”. Jurnal Konveksi Energi dan Manufaktur.

Sofyan,Darwin dan rafif January 2023 Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur 8(1):18-27 Januari 2023

Singgih BS. 2013. Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia. Jakarta: http://www.suarakaryaonline.com(2 april 2013).

Oktavian Galinudin Altaufan, S. H. (2022). “Pengaruh Putaran Jumlah Lubang Cakram dan Beban Pada Pedal Rem Terhadap Pelepasan Panas dan Waktu Pengereman”. Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM).

Naufal Nawaf Hafizh, M. Y. (2022). “Pengaruh Gaya Rem Cakram (Disc Brake), Ketebalan, Cakram, Minyak Rem pada Sepeda Motor Honda Beat Pop 2015, 110 CC”. Jurnal Tekayasa Teknologi dan Sains.

Muklis (2013), dengan judul “Pengaruh Penggunaan Velg 17 Inchi Terhadap Jarak dan Waktu Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Beat”.

Louhenapessy, J. S. (2021). “Analisa Kinerja Rem Cakera Akibat Modifikasi Caliper Roda Belakang Terhadap Keselamatan Pengendara Sepeda Motor”. ALE Proceeding.

La Ode Muhammad azdhar Baruddin (2019). “Analisis Pengaruh Kecepatan Terhadap Jarak dan Waktu pengereman Pada Mobil Hybrid Urban Kmhe 2018”

Kenken Ahmad Fauzi, A. I. (2024). “Analisis Jarak Pengereman Dan Temperatur Disc Brake Pada Prototipe Mobil Listrik”. Al Jazari Jurnal Teknik Mesin.

Hasan Mulyana (2023). “Perancangan Rem Cakram Depan Motor Honda Beat 110 CC”

Hardin Syah Nasution, A. J. (2022). “Implementasi Metode Fuzzy Logic Untuk Sistem Pengereman Robot Mobile Berdasarkan Jarak Dan Kecepatan”. Jurnal Teknik dan Sistem Komputer.

Farah Multi Amalia, M. I. (2020). “Perilaku Berisiko dalam Berkendara dan Kejadian Kecelakaan Sepeda Motor pada Mahasiswa”. Window of Health : Jurnal Kesehatan.

Alfian Ady Saputra (2022). “Analisis Dinamik Rem Cakram (Disc Brake) atau Rem Piringan pada Sepeda Motor Supra X 125”

Ajat Zatmika, K. Y. (2022). “Analisis Perbandingan Diameter Piringan Cakram Yang Bervariasi Terhadap Jarak dan Waktu Pengereman Pada Kendaraan Sepeda Motor Supra X125”. Jurnal Kalpika .

Published

2024-08-14

How to Cite

Adji Nur Permana, & Ahmad Hanif Firdaus. (2024). Perbandingan Penggunaan Caliper Racing dan Kecepatan Terhadap Jarak Pengereman Roda Depan Sepeda Motor Matic 110cc. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 3(3), 213–222. https://doi.org/10.55606/jtmei.v3i3.4211