Rancang Bangun Robot Pemilah Kematangan Buah Apel Berdasarkan Perbedaan Warna Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan Sensor TCS3200

Authors

  • Amri Ramadhan Universitas Indraprasta PGRI
  • Akhtar Ma’ruf Sumadiwangsa SMP Kharisma Bangsa
  • Ariefanbevin Khalfanza Maleeka Gevani SMP Kharisma Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v3i2.3814

Keywords:

Buah Apel, Arduino Uno, Sensor Warna Tcs3200

Abstract

Robot Sortir Buah Apel merupakan inovasi teknologi dalam pengolahan dan pemilihan buah apel secara efisien. Penelitian ini mengusulkan penggunaan mikrokontroller Arduino dan sensor warna TCS3200 untuk mengidentifikasi dan memisahkan buah apel berdasarkan perbedaan warna. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam proses menyortir buah apel di tingkat produksi. Sensor warna TCS3200 digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada berbagai panjang gelombang, memungkinkan mengidentifikasi perbedaan warna pada permukaan buah apel. Mikrokontroler Arduino bertindak sebagai otak sistem, menerima data sensor dan mengambil keputusan untuk memisahkan buah berdasarkan kriteria warna yang telah ditentukan. Metode pengembangan sistem ini memastikan melibatkan sensor kalibrasi untuk akurasi pengukuran warna. Selanjutnya, program kontrol mikrokontroler disusun untuk mengelola data sensor dan mengatur aksi mekanis dalam proses sortir. Sistem ini dapat diintegrasikan ke dalam saluran produksi buah apel secara otomatis, mengurangi keterlibatan manusia dan meningkatkan efisiensi waktu. Penelitian ini menghasilkan prototipe Robot Sortir Buah Apel yang mampu mengidentifikasi dan memisahkan buah apel berdasarkan perbedaan warna dengan tingkat akurasi yang tinggi. Implementasi teknologi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas dalam industri pertanian.

 

 

 

References

A. J. Sahwal. (2013). Komoditas buah apel Indonesia di pasar internasional. [Online]. Available: https://blog.ub.ac.id/aliphjuan/2013/07/17/komoditas-buah-apel-indonesia-di-pasar-internasional/

Amin, M. F., Akbar, S. R., & Widasari, E. R. (2017). Rancang bangun sistem sortir buah apel menggunakan sensor warna dan sensor suhu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, 1(3), 236–240.

Noor Khafit, M., & Noor Khamdi. (2003). Rancang bangun alat sortir buah apel berdasarkan perbedaan ukuran dan warna menggunakan mikrokontroller Arduino. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional Universitas Negeri Padang, 9(1), 147–158.

Network, N., & Extraction, F. (2022). A good accuracy in apple fruits quality based on back propagation. JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 6(July), 38–48.

Noviyanto, Ary. (2009). Klasifikasi tingkat kematangan varietas tomat merah dengan metode perbandingan kadar warna. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Radityo, D. R., et al. (2012). Alat penyortir dan pengecekan kematangan buah menggunakan sensor warna. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Angela, W. (2022). Berdasarkan tingkat kematangan menggunakan sensor warna TCS3200 [Skripsi, Universitas Islam Riau].

Published

2024-06-03

How to Cite

Amri Ramadhan, Akhtar Ma’ruf Sumadiwangsa, & Ariefanbevin Khalfanza Maleeka Gevani. (2024). Rancang Bangun Robot Pemilah Kematangan Buah Apel Berdasarkan Perbedaan Warna Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan Sensor TCS3200 . Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 3(2), 201–208. https://doi.org/10.55606/jtmei.v3i2.3814