Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Keterikatan Karyawan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan dan Kinerja Karyawan di PT. XYZ Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS)

Authors

  • Shiamia Narendra Destariza Ibniadji Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Minto Waluyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i4.3005

Keywords:

Employee Satisfaction, Employee Engagement, Partial Least Square

Abstract

Human resources or labor are important assets for a company. Effective human resource management can create an optimal work environment to increase workforce productivity in the company. The purpose of this research is to analyze the influence of the work environment, organizational culture, and employee engagement on job satisfaction and performance in production department employees at PT. XYZ uses the Partial Least Square (PLS) method. PT. XYZ is a pioneer company in marine equipment and maritime services located in Surabaya, East Java. The research results show that organizational culture has a positive and significant effect on employee satisfaction, employee engagement has a positive and significant effect on employee satisfaction, the work environment has a negative and insignificant effect on employee satisfaction, and employee satisfaction has a positive and significant effect on employee performance

References

Ali, H. 2019. Purchase Decision and Repurchase Models: Product Quality and Process Analysis (Case Study of House Ownership Credit Financing in Permata Sharia Bank Jakarta). Jurnal Economics, Universitas Mercu Buana. Vol.1, No.1, Hal 526-535.

Anwar, C., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Nahdlatul, U., & Sidoarjo, U. (2021). pengaruh insentif dan motivasi terhadap kinerja karyawan (Pada PT . Tasindo Central Perkasa Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo ). 3(1).

Aurellia, T., & Perdana, H. (2020). penerapan structural equation modeling Partial Least Square pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. 09(4), 475–482.

Berlian, P. T., & Sejahtera, M. (2022). terhadap loyalitas karyawan pada. 5(3), 656–664.

Cahyo, Nur, K., Martini., Riana, E. 2019. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research. STMIK Nusa Mandiri Jakarta; UBSI Jakarta. Vol. 1, No. 1, Hal. 45-53.

Chaniago, H. 2021. Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Edukasi Riset Digital.

Dewi, R. N. T. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Vol. 7, No. 4, Hal. 409-423.

Dwinanda, S., & Rachmawati, I. 2021. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wadah Pada Generasi Y. Jurnal Semarak. Vol.4, No.2, Hal. 98.

Efendi, R., Lubis, J., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Labuhanbatu, U. (n.d.). terhadap kinerja karyawan pada pt . milano panai tengah. 1–11.

Enny, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 1). Surabaya: Penerbit UBHARA Manajemen Press.

Megayani, Bowo Pranogyo, A., Chandra, R., Hendro, J., Hidayati, N., & Fakhri Pratama, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Hoops Indonesia di Cabang Grand Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 05(01).

Mustofa, G. (2018). pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel moderasi (Studi pada Agen PT. Jiwasraya Kantor Cabang Malang Kota). Manajemen Bisnis, 7(2), 139–148. https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7008

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1 (S. Haryanti, Ed.). Media Sains Indonesia.

Paludi, S. & Nurchorimah, S. 2021. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai intervening. STIE Pariwisata Internasional. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Vol. 10. No.2, Hal. 144-160.

Pasaribu, D. 2022. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Tvs. Business Management Journal, Universitas Pamulang Vol. 18, No. 1, Hal. 37-49.

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. 2021. Anaisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Vol. 1, No.2, Hal. 213-223.

Rusydi, A & Fadli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). CV. Widya Puspita: Medan.

Program, P., Dan, I., Terhadap, M., Dan, K., & Laut, K. T. (2022). [Publish Date] 2615-2134. 146–160.

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466

Rusydi, A & Fadli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). CV. Widya Puspita: Medan.

Tjio, O. K. & Anggela. M. (2017). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Di Hotel ‘X’ Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 5 (No. 1), Hal 1-10

Umar, A., & Norawati, S. (2022). pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan intervening pada upt sungai duku pekanbaru. 5(1), 835–853.

Waluyo, M & Rachman, M. 2020. Mudah Cepat Dalam Aplikasi Structural Equation Modelling. Batu: Malang.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Shiamia Narendra Destariza Ibniadji, & Minto Waluyo. (2023). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Keterikatan Karyawan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan dan Kinerja Karyawan di PT. XYZ Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS). Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 2(4), 238–249. https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i4.3005