Analisis Metode GeoGebra Untuk Perancangan Sistem Pengendalian PID Secara Visual

Authors

  • Nimas Deria Wijayanti Universitas Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i1.1251

Keywords:

kontroler PID, visualisasi, GeoGebra, Integral, derivative

Abstract

Kontroler PID merupakan kontroler yang banyak dipakai di industry. Terdapat parameter proporsional, integral dan derivative pada kontroler PID. Proses perhitungan dalam PID secara buku teks lebih banyak berisi analisis pengaruh parameter Kp, Ki dan Kd. Proses implementasi perhitungan dirasakan kurang dipahami dengan cepat dan mudah oleh mahasiswa maka dibuat visualisasi untuk menunjukkan proses pada kontroler PID. Proses visualisasi menggunakan GeoGebra untuk menunjukkan proses yang terjadi pada blok perhitungan galar, pengaruh Gain proposal pada blok kontroler proporsional, pengaruh gain pada blok integral dan pengaruh perubahan galat pada blok kontroler derivative. Visualisasi juga dilakukan pada blok elemen control akhir.

References

Ogata, Katsuhiko. Modern control engineering. Prentice hall, 2010.Seborg, Dale E., et al. Process dynamics and control. John Wiley & Sons, 2017.

Nise, N. S. Control System Engineering, 6th edition. New Jersey: John Wiley and Son. 2010

Pedro Albertos, I. M. Feedback and Control for Everyone. Berlin: Springer, 2010

Setiawan, Iwan. Kontrol PID untuk proses industri. Elex Media Komputindo, 2013.

Rosada, Kevin. Sistem Kontrol Pompa Air Menggunakan Kontroler PID Berbasis Raspberry Pi. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Ali, Muhamad. "Pembelajaran Perancangan sistem kontrol PID dengan software MATLAB." Jurnal Edukasi@ Elektro 1.1 2004.

Visioli, Antonio. Practical PID control. Springer Science & Business Media, 2006.

Bista, Dinesh. "Understanding and Design of an Arduino-based PID Controller." 2016

Suwarno, Djoko Untoro. "Visualization of Rectified Sine Waves and Triggering Angles on Thyristor Using GeoGebra." Proceeding International Conference on Mathematics and Learning Research. 2021

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Nimas Deria Wijayanti. (2023). Analisis Metode GeoGebra Untuk Perancangan Sistem Pengendalian PID Secara Visual . Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i1.1251