MANAJEMEN PENGADMINISTRASIAN LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH HIDAYATUL MUBDI-IEN WAL MUBDI-AAT BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.470Keywords:
Madrasyah Diniyah, Manajemen, AdministrasiAbstract
Madrasah diniyah adalah lembaga pendidikan agama bagi anak-anak di bidang Alquran dan kitab salaf. Tujuan dari lembaga pendidikan diniyah ini yaitu membentuk karakter anak yang religi berdasarkan Alquran dan hadist. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya ilmu agama bagi putra putrinya membuat orang tua mempercayakan nya pada lembaga pendidikan diniyah sehingga saat ini banyak lembaga-lembaga diniyah yang mengalami peningkatan jumlah santri. Jumlah santri yang banyak dan ustadz/ustazdah yang banyak dan skil yang profesial belum diimbangi dengan pengadminirasian yang teratur sehingga manakala ada suatu permasalahan terutama data santri, data ustazd dan ustazdah data prestasi santri, inventaris masih kesulitan dalam penangananya. Solusi permasalah tersubut salah satunya dengan cara pengelolaan atau manajemen pengadmisitrasian dengan cara membuat buku induk santri, buku indukustadz/ustadzah, buku tamu, buku kegiatan, buku keuangan, buku invetaris, buku tamu. Dengan adanya admistrasi yang tertib semua kegiatan lembaga mempunyai arsip dan data-data yang penting dapat tersimpan dengan baik tersusun rapi sehingga mepermudah untuk mengakses bagi pihak yang membutuhkan..
Downloads
References
Prajudi Atmosudirdjo S, 1921, “ Administrasi dan management umum”, Jakarta: Ghalia Indonesia
Faozan. 2022, ‘’Tujuan Administrasi, Ciri-Ciri, Unsur, dan Fungsinya,’’ STEI.ac.id
Alfi Yuda. 2021,” Pengertian Kegiatan Administrasi Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Unsur, Fungsi, Tujuan, dan Contohnya,” Gurupendidikan, Maxmanroe
Rizzaq Aynur Nugroho,2019,’’ Fungsi Administrasi, Ini Ciri-ciri dan Tujuannya,” 14 April 2019; https://hot.liputan6.com/read/3941304/fungsi-administrasi-ini-ciri-ciri-dan-tujuannya.
Zulkifli Amsyah, 2020,” Mnajamen Kearsipan,”Gramedia Pustaka Utama, Bandung