Pelatihan dan Pertunjukan Tari Minangkabau bagi Mahasiswi Bersuku Jawa

Authors

  • Henny Merizawati Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Akbar Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.2311

Keywords:

Pelatihan, Pertunjukan, Tari Minangkabau, Mahasiswi bersuku Jawa

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pelatihan dan Pertunjukan Tari Minangkabau bagi Mahasiswi Bersuku Jawa adalah untuk mengenalkan budaya Minangkabau kepada mahasiswi yang beretnis Jawa sehingga bisa meningkatkan toleransi terhadap budaya lokal lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini awalnya diikuti oleh Sembilan orang mahasiswi yang kemudian berkurang menjadi lima orang, dan pada akhirnya diikuti oleh tujuh orang mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Akbar Surabaya. Adapun alasan pemilihan topik ini adalah untuk mengurangi narsisme terhadap budaya leluhur yang sering terjadi akhir-akhir ini dimana budaya lain dipandang sebelah mata dan dianggap tidak lebih baik dari budaya lokal sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi, demonstrasi, praktik, evaluasi dan diskusi, serta pertunjukan. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan dalam hal motivasi diri, kepemimpinan, kepedulian, kesadaran bertoleransi, Kesehatan, kepercayaan diri, konsentrasi, sosialisasi, dan peneriman terhadap kesalahan sendiri maupun orang lain. Kesimpulannya, kegiatan ini memiliki pengaruh yang positif terhadap penghargaan terhadap budaya lain dan meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan budaya lain.

References

Anggraini, Dwi, Hasnawati, and Agusdianita, Neza. “Pelatihan Tari Persembahan bagi Guru SDN 47 Kota Bengkulu.” Jurnal Batoboh 3, no. 2 (Oktober 2018): 111-120.

Ardiel, Vonny, Sa’danoer, I. Maulina, Tyas, D. Ayuning. “Pelatihan Bahasa Inggris dan Seni Tari bagi Remaja Masjid Tahfidz Al-Qur’an Nurul Huda di Nagari Panyalaian.” Jurnal Literasi2, no. 2 (Agustus 2022): 1666-1673.

Citrawati, A.A.I. Agung, Riyanti, Eva, Anugraha, Fathul, and Mahyeni, H. Puti. “Pelatihan Tari Panyembrama Sebagai Pengenalan Budaya Bali di SMA Negeri 2 Padangpanjang.” Jurnal Batoboh 4, no. 1 (April 2016): 45-58.

Darlenis, Teti, Syahrial, and Santoso, I. Budi. “Pelatihan Karawitan dan Tari Gaya Minang pada Sanggar Seni Sayuk Rukun Dukuh Girimulya Desa Tibayan Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten.” Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Karya Seni (2019).

Nursyam, Yesriva, Nasution, Yeni, Fitri, and Anggraini, Nova. “Pembinaan Kreativitas Seni Tari pada Siswa SMPN 2 Kota Bukittinggi.” Jurnal Batoboh 1, no. 1 (April 2016): 18-30.

Nursyam, Yesriva. “Pelatihan Seni Tari Guna Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan Guru Seni Budaya SMP se-Kab. Lima Puulh Kota.” Jurnal Batoboh 2, no. 1 (April 2017): 20-29.

Sy, Hasnah, Gusti, Adriana, Surherni, Rovilendes, Adjuoktoza, and Anton, Syahri. “Pelatihan Pengembangan Tari dan Musik Kreasi Baru pada Sanggar Mustika Minang Duo, Nagari Kampuang Baru, Pariaman.” Jurnal Batoboh 8, no. 1 (Maret 2023): 1-9.

Syofia, Ninon, and Suharti. “Pelatihan Seni Tari dan Musik Sebagai Media Terapi pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Silaing Bawah Kota Padangpanjang.” Jurnal Batoboh 1, no. 1 (April 2016): 118-130.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Henny Merizawati. (2022). Pelatihan dan Pertunjukan Tari Minangkabau bagi Mahasiswi Bersuku Jawa . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 98–106. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.2311

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.