Strategi Pengembangan Core Values 'AKHLAK' Dalam Kasus Penggabungan Dua Perusahaan (PT Pertani (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero))
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.187Keywords:
Budaya Organisasi, Merger, Strategi Pengembangan, AKHLAK BUMNAbstract
Saat melaksanakan magang di PT Pertani (Persero) dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), mengalami penggabungan dengan PT Sang Hyang Seri pada bulan November 2021 dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 98 tahun 2021 tentang Penggabungan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertani ke Dalam Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sang Hyang Seri. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai output magang yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi selama magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT SHS dalam menerapi core value AKHLAK sudah dijalankan dan terlaksana dengan baik walau terkadang anggaran untuk bisa memenuhi kegiatan kantor terhambat. Prosedur yang digunakan sebagai dasar dari bertingkah laku dan bersikap sehari-hari menggunakan melaksanakan beberapa kegiatan dalam menerapi core value AKHLAK adalah Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilai Utama SDM BUMN.