PROSES PENDAFTARAN SERTIFIKASI HALAL BERDASARKAN PERNYATAAN PELAKU USAHA

Authors

  • Arfah Sahabudin Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Nursahdi Saleh Institut Teknolodi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Rahmi Tria Institut Teknolodi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Indah Ramayani Institut Teknolodi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Hamsiah Hamsiah Institut Teknolodi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Muhammad Abdu Institut Teknolodi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1213

Keywords:

proses produk halal; verifikasi validasi; sertifikasi halal; pernyataan pelaku usaha; kewirausahaan

Abstract

Pengabdian ini bertujuan mendampingi pelaku usaha mikro kecil melalui program berdasarkan pernyataan pelaku usaha dalam pendampingan proses produk halal. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipasi yaitu pendamping dan masyarakat sama-sama terlibat proses dengan melakukan verifikasi dan validasi langsung ke pelaku usaha. Pengabdian ini berkaitan dengan matakuliah kewirausahaan, dilakukan dengan tiga langkah dalam proses pendampingan proses produk halal produk pelaku usaha mikro ini. Tahap pertama yaitu pengajuan berkas dan pendataan pelaku usaha. Tahap kedua adalah kunjungan dan verifikasi validasi data dan proses produksi. Tahap ketiga proses penebitan sertifikat halal.. Hasil dari pengabdian melalui pendampingan ini ditemukan produk yang telah beredar selama ini tidak semuanya sudah memenuhi kriteria halal dan toyyib untuk dipasarkan. Sehingga tidak semua pelaku usaha yang diverifikasi validasi layak direkomendasikan untuk memperoleh sertifikat halal bagi produknya. Dua pelaku usaha tidak memenuhi kriteria selfdeclare, Dua tidak lolos proses verifikasi validasi  dan 17 pelaku usaha lainnya dapat menerima sertifikat halal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, Kasmarini, Norliya Ahmad Kassim, Siti Khairiyah Nordin, and Siti Zahrah Buyong. 2015. “Understanding the Halal Concept and the Importance of Information on Halal Food Business Needed by Potential Malaysian Entrepreneurs.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 5(2). doi: 10.6007/ijarbss/v5-i2/1476.

Kepkaban 33. 2022. PETUNJUK TEKNIS PENDAMPING PROSES PRODUK HALAL DALAM PENENTUAN KEWAJIBAN BERSERTIFIKAT HALAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL YANG DIDASARKAN ATAS PERNYATAAN PELAKU USAHA. Indonesia: BPJPH.

Ma’rifat, Tian Nur, and Maya Sari. 2017. “Penerapan Sistem Jaminan Halal Pada UKM Bidang Olahan Pangan Hewani.” Khadimul Ummah 1(1). doi: 10.21111/ku.v1i1.1421.

Nur, Muhammad Rizky Taufiq, Muhammad Anwar Fathoni, and Lili Puspita Sari. 2021. “The Impact of Awareness, Lifestyle and Halal Certification on The Buying Interests of MSME’s Halal Food Products in DKI Jakarta.” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 4(2). doi: 10.21154/elbarka.v4i2.3207.

Vermeir, I., and W. Verbeke. 2006. “Impact of Values, Involvement and Perceptions on Consumer Attitudes and Intentions towards Sustainable Consumption.” Journal of Agricultural and Environmental Ethics 19(2).

Wahab, Ahmad Robin. 2004. “Guidlines for the Preparation of Halal Food and Goods for the Muslim Consumers.” AmalMerge (M) Sdn. Bhd. (M).

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Arfah Sahabudin, Nursahdi Saleh, Rahmi Tria, Indah Ramayani, Hamsiah Hamsiah, & Muhammad Abdu. (2023). PROSES PENDAFTARAN SERTIFIKASI HALAL BERDASARKAN PERNYATAAN PELAKU USAHA. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 119–130. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1213

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.