Efektivitas Program Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada Kantor BPKAD Kabupaten Indragiri Hulu

Authors

  • Chinda Aqhni Adisi Universitas Riau, Pekanbaru
  • Abdul Sadad Universitas Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i2.581

Keywords:

Efektivitas, Program, SIPD

Abstract

Sistem informasi pemerintahan daerah atau SIPD merupakan suatu sistem informasi yang digunakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebagai sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi yang dianalisis oleh peneliti sehingga mendapatkan data yang akurat dan jelas mengenai. Hasil dari penelitian ini adalah program SIPD pada BPKAD sudah cukup efektif. Faktor penghambat yang ditemukan masih terjadi error jaringam, tidak bisa membuat template sehingga penggunaan SIPD pada BPKAD masih menggunakan aplikasi pendamping yang diukur dari indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata.

References

Abdurahmat, F. (2003). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Rineka Cipta

Afrizal. 2016. Metode Peneletian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persaba

Arrijal, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Journal of Social and Policy Issues, 64-70.

Firmansyah, A., & Mahardhika, B. w. (2018). Penghantar Manajemen. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Hartono, S. (2018). Manajemen Kinerja SDM (Teori dan aplikasi). Jakarta: Peneribit Luxima Metro Media.

Hidayat, A. K. (2021). Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) dalam Melaksanakan Refocussing dan Relokasi Anggaran di BPKAD KOTA Ternate Provinsi Maluku Utara. IPDN, 2-8.

Khristianto, W., Supriyanto, T., & Wahyuni, S. (2015). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (Pendekatan Sosioteknik). Jember: UPT Penerbitan UNEJ.

Krisnandi, H., Efendi, S., & Sugiono, E. (2019). Penghantar Manajemen. Jakarta: LPU-UNAS.

Marlina. (2017). Efektivitas Sistem Perizinan Online dan Tracking Sistem (SPOTS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak. Jom FISIP, 2-9.

Nasution, M. I., & Nurwani. (2021). Analisis Penerapan Sistem Informas Pemerintah Daerah (SIPD) pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Medan. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 3-6.

Nurmansyah. (2018). Sistem Informasi Manajemen Concept & Theory : Managerial Approach . Rumbai : UNILAK PRESS.

Nurusyifa, M. A. (2021, agustus 21). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Di Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Retrieved oktober 02, 2021, from Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University: http://etheses.uin-malang.ac.id/29903/

Ramdhadi, A., Rusdiana, & Irfan, M. (2014 ). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, E. (2007). Pertumbuhan dan Efektivitas Organisasi Mengelola Lingkungan melalui Penyesuaian Struktur Organisasi. Jakarta: Jayabaya University Press.

Utami, E., & Frinaldi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Sicantik di Dinas

Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publi(JMIAP), 3(1), 22-30. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i1.215

Peraturan Pemerintah

Permendagri No. 70 Tahun 2019 tentang “Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)”

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 “ Pengelolaan Keuangan Daerah”

Pemendagri No. 77 Tahun 2020 tentang “Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah”

Website Sitem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) : https://sipd.kemendagri.go.id/

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Chinda Aqhni Adisi, & Abdul Sadad. (2022). Efektivitas Program Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada Kantor BPKAD Kabupaten Indragiri Hulu. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(3), 150–164. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i2.581