Penerapan Adopsi Inovasi Website "Sipro" Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rokan Hilir

Authors

  • Sri Lestari Universitas Riau, Pekanbaru
  • Dedi Kusuma Habibie Universitas Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.549

Keywords:

Adopsi Inovasi, Difusi Inovasi, Pelayanan Publik.

Abstract

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penanaman modal serta penyelenggaraan pelayanan administrasi penanaman modal, perizinan dan non perizinan secara terpadu dengan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi, keamanan, kepastian dan transparansi. Oleh sebab itu dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Rokan hilir membuat sebuah inovasi layanan perizinan dan non perizinan menggunakan sistem informasi perizinan Rohil (SIPRO). SIPRO ini adalah sebuah sistem yang terprogram dalam perizinan berbasis web yang dirancang untuk mempermudah layanan di Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu Rokan hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan inovasi dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan inovasi di DPMPTSP Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.  Inovasi SIPRO yang telah dibuat oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Rokan Hilir dapat disimpulkan bahwa belum berjalan secara maksimal tetapi sudah menjadikan pelayanan menjadi efektif dan efisien. Hal tersebut dijelaskan di indikator indikator teori Everett M. Rogers Tahap pengetahuan, Tahap persuasi, Tahap pengambilan keputusan, Tahap implementasi, Tahap konfirmasi..

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Creswell, W. J. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, ed. ke-3. Terjemahan: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media

Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press

Dharmanu, I. P. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar. Jurnal ADHUM, VII(2), 93. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hanafiah, M. A. (2019). Pengembangan Layanan Jasa Melalui Inovasi Pada PT. Pos Indonesia Kota Pekanbaru. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ida Wantri Hastuti, S. S. (2018). ANALISIS INOVASI PELAYANAN PERIZINAN JEMPUT BOLA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN SEMARANG.

Kurniati, N. (2019). Inovasi Pelayanan Perizinan Investasi Di Kota Mataram. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 71–81. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.72

Kurniawan, A. D. (2015). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(3), 167–176.

Pangestu, W. R. (2016). Inovasi Pelayanan One Stop Service ( Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya ). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4, 1–7.

Pransiska, E. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif Best Practice (Praktik Terbaik) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putra, M. T. (2016). Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam E-Government Pelayanan Publik di Kabupaten Boyolali. Jurnal Publik, 4(1).

Putra, R. M. D. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI ERA DISRUPSI (STUDI TENTANG KEBERLANJUTAN INOVASI E- HEALTH DI KOTA SURABAYA). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, M. A. P. (2014). Inovasi Pelayanan Publik Di Badan Penanaman Modal Public Services Innovation in Regional Board of Investment and Integrated Services ( Bpmpt ) At Kubu Raya Regency. Jurnal Borneo Administrator, 10(2), 214–234.

Sholahuddin. (2017). Pengaruh Karakteristik Inovasi Terhadap Niat Mengadopsi Solopos E-Paper. Management, (2005), 1–34. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/51884/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Suhartoyo. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ). Administrative Law & Governance Journal, 2(1), 143–154.

Sumardjo. (2016). Pengertian Komunikasi Inovasi. In Komunikasi Inovasi.

Yuniko, F. T., & Putra, F. K. (2019). Penerapan Teknologi Informasi Web Programing Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kebijakan Administrasi Kependudukan. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(1), 13. https://doi.org/10.35145/joisie.v1i1.387

Zahratunnisa, R. Digitalisasi Pelayanan Akta Kelahiran Anak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, 3(2), 1-12.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sri Lestari, & Dedi Kusuma Habibie. (2022). Penerapan Adopsi Inovasi Website "Sipro" Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rokan Hilir. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(3), 135–149. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.549