ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS APLIKASI SIGNAL DI KANTOR SAMSAT KOTA TANJUNGPINANG

Authors

  • Siska Rafitanuri Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Arsyida Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Rizky Gunawan Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.537

Keywords:

Pelayanan Publik, Pajak, Kepuasan Masyarakat, Aplikasi Signal, Kantor Samsat.

Abstract

E-Government menawarkan pelayanan publik bisa di akses secara 24jam, kapan pun, dan dari mana pun pengguna berada. E-Government juga memungkinkan pelayanan publik tidak dilakukan secara face to face sehingga pelayanan menjadi lebih efesien. Menyadari akan besarnya manfaat E-Government, pemerintah Indonesia sejak tahun 2003 telah mengeluarkan kebijakan tentang penerapan E-Government dalam bentuk Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003. Dengan menerapkan sistem online masyarakat akan dapat lebih menghemat biaya, dan waktu karena proses pembayaran pajak dilakukan secara online. Dimasa sekarang ini telah muncul teknologi berbasis aplikasi yang dapat dijalankan di Android dan IOS yang dinamakan SIGNAL. SIGNAL adalah Aplikasi Samsat Digital Nasional yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia melakukan Pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaran Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) secara daring dengan terbitnya dokumen digital berupa E-Pengesahan (POLRI) , E-TBPKP (Bapenda Provinsi) dan E- KD (PT. Jasa Raharja). Metode yang akan digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif menjelaskan bahwa metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang berbasis pada filsafat positivisme, yang mana digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, yang umumnya pengambilan sampelnya dilakukan secara random, dan data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian, lalu dianalisis secara kuantitatif/statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dan menggunakan teknik analisis statistik menggunakan SPSS 22 dan Ms.Excel.

References

Hasan, M. I. (2002) ‘Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya’. Ja karta: Ghalia Indonesia.

Mulyawan, A. and Novia, D. (2016) ‘Aplikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor online berbasis web (studi kasus di samsat soreang kab. bandung)’, Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), pp. 30–39.

Sagai, B. C. C., Rindengan, Y. D. Y. and Karouv, S. D. S. (2018) ‘Analisa Kepuasan Masyarakat Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Pemerintah Kota Manado’, Jurnal Teknik Informatika, 13(4), pp. 1–8.

Sarwono, J. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 1st edn. Edited by J. Sarwono. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satriadi (2007) ‘Tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan pajak kendaraan bermotor di kantor samsat tanjungpinang’, Jurnal AN-Nisbah, 03(02), pp. 345–369.

Sugiyono, P. D. (2009) ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA’.

Widiyanto, J. (2010) ‘SPSS For Windows untuk analisis data statistik dan penelitian’, Surakarta: BP-FKIP UMS.

Downloads

Published

2022-09-16

How to Cite

Siska Rafitanuri, Nur Arsyida, & Rizky Gunawan. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS APLIKASI SIGNAL DI KANTOR SAMSAT KOTA TANJUNGPINANG. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(3), 92–103. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.537