IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PKH DALAM RANGKA MENGATASI KEMISKINAN DI KECAMATAN ROWOKANGKUNG DIMASA PANDEMI

Authors

  • Delfi Heni Susanti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dastin Pratiwi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Farida Hani Sri Wahyuni Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i2.503

Keywords:

Program PKH, Pandemi Covid-19, Implementasi kebijakan.

Abstract

Pandemi Covid-19 ini telah banyak memakan korban jiwa dan tentunya membawa dampak yang buruk bagi keberadaan negara kita. Banyak sektor pemerintah yang terbengkalai dan mengakibatkan kerugian akibat pandemi ini. Namun, disamping itu pemerintah dalam tugasnya sebagaimana yang terdapat dalam tujuan NKRI pada alinea keempat UUD 1945 yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah dan memajukan kesejahteraan umum. Hal tersebut menjadi acuan pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat walaupun dimasa pandemi yang menerjang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang menjelaskan terkait implementasi program PKH di Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang dengan menggunakan teori implementasi Ripley (Purwanto, Erwan Agus & Sulistyastuti, 2012) yang menggunakan metode wawancara untuk mendapatkan data primer. Responden dalam penelitian ini merupakan penerima manfaat dari program PKH. Melalui wawancara ini diketahui bahwa implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) masih menunjukkan kekurangan yang perlu diperbaiki ditahun berikutnya, yakni adanya keterlambatan penyaluran dana kepada masyarakat dan adanya masyarakat yang memenuhi kriteria sebagai penerima. Namun, tidak mendapatkan program tersebut. Sehingga, hal ini menyebabkan proses implementasi menjadi terhambat di era pandemi saat ini.

References

Agustino, L. (2020) Dasar-dasar Kebijakan Publik. Revisi ke2. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Anggara, S. (2018) Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Chambers, R. (1987) Pembangunan Desa Mulai Dari Belakang. LP3ES, Jakarta. Sarman, M. & S. (2000) Masalah Penanggulangan Kemiskinan. Puspa Swara, Jakarta.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Sumartono, S. A. P. and Makmur, M. (2018) ‘IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA

Purwanto, Erwan Agus & Sulistyastuti, D. A. (2012) Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Artikel Jurnal

Akib, H. (2010) ‘Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana’, Jurnal Administrasi Publik, 1(1), pp. 1–11.

HARAPAN (PKH) DALAM MEMUTUS RANTAI KEMISKINAN (Kajian di Kecamatan

Mojosari Kabupaten Mojokerto’, Wacana, Vol. 16, N.

Nurmalasyiah, & Sumburwati. (2017). Implementasi kebijakan kartu perlindungan sosial di desa gumpa kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur (Program Studi bantuan siswamiskin). PubBis: Jurnal PemikiranDanPenelitianAdministrasi PublikDanAdministrasi Bisnis, 1(1), 208–331.

Halaman Web

BPS (2021) ‘Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2021’. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/07/15/1843/persentase-penduduk-miskin-maret- 2021-turun-menjadi-10-14-persen.html.

Faizti, N. (2021) ‘Mengenal Macam-Macam Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian’. Available at: https://www.duniadosen.com/macam-macam-analisis-data-kualitatif/.

Lumajang, D. S. (2021) ‘Data Penerima PKH’. Available at: https://dinsos.lumajangkab.go.id/.

Lumajangkab.go.id (2021) ‘Kecamatan Rowokangkung’. Available at: https://www.lumajangkab.go.id/kecamatan/rowokangkung.

Peraturan Perundang-undangan

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor 1 Tahun 2018 tentang ProgramKeluarga Harapan

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Delfi Heni Susanti, Dastin Pratiwi, & Farida Hani Sri Wahyuni. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PKH DALAM RANGKA MENGATASI KEMISKINAN DI KECAMATAN ROWOKANGKUNG DIMASA PANDEMI. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 38–51. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i2.503