Nalar Kritis Menghilangnya Program One Student One Client Pada Ibu Hamil Risiko Tinggi Di Banyuwangi

Authors

  • Dian Roshanti Universitas Muhammadiyah malang
  • Eriton Eriton Universitas Muhammadiyah malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.471

Keywords:

Nalar Kritis, One Student One Client, Ibu Hamil Risiko Tinggi

Abstract

Abstrak. Angka kematian ibu dan Bayi di Kabupaten Banyuwangi cukup memprihatinkan. Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi mencatat tahun 2021 angka kematian Ibu dan Bayi melonjak cukup tinggi sebanyak 47 kasus dikarenakan banyaknya ibu hamil yang meninggal karena terpapar virus covid-19, tahun 2020 berhasil ditekan menjadi 19 kasus, sebelumnya tahun 2019 berada pada angka 33 kasus per 1000 kelahiran hidup. Masalah ini menjadi perhatian penting Pemerintah Kabupaten Banyuwangi namun program OSOC ini menghilang begitu saja. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab hilangnya program OSOC ini di Banyuwangi. Dengan membangun pola pikir bernalar kritis milik Jurgen Habermas  agar mampu menyampaikan argumentasi secara komunikatif untuk menyajikan kesepakatan bersama atas fakta yang terjadi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi literatur. Didapatkan hasil analisis yaitu Pertama pembatasan berskala besar membuat setiap aktivitas masyarakat termasuk proses pendampingan Ibu Hamil yang selama ini menggunakan metode tatap muka harus juga di batasi. Kedua, pendampingan menjadi tidak maksimal karena ketidakjelasan pembagian wilayah sehingga terjadi ketidakseimbangan antara pendamping dan ibu hamil. Ketiga tidak adanya anggaran yang jelas dari pemerintah untuk proses pendampingan sehingga dirasa sangat memberatkan mahasiswa. Keempat, yang terpenting lagi yaitu program OSOC ini belum memiliki kebijakan publik yang jelas dan tertulis serta terarah.

References

Artikel Jurnal

Andi Isna Yunita, Andi Kresna Jaya, G. M. T. (2022). ModelRegresi Bivariate Zero-Inflated Poisson Pada Kematian Ibu dan Bayi. Estimasi: Journal of Statistics and Its Application, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/ejsa.vi.11557

Etik Sulistyorini1,*, L. H. (2020). Implementasi Asuhan Kebidanan Komprehensif Menggunakan Metode One Student One Client (OSOC). Jurnal Kebidanan Indonesia, 11(2), 111–126.

Hasnita. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keteraturan kunjungan antenatal care dipuskesmas turikalekabupaten marols. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Volume 12, 1.

Kurniawaty, I., Hadian, V. A., & Faiz, A. (2022). Membangun Nalar Kritis di Era Digital. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2715

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Nilakesuma, N. F., Susilawati, D., & Safitri, K. (2019). Studi Kasus: Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Trimester III Dengan Menggunakan Kartu Skor Poedji Rochjati. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 5(2), 74–78. https://doi.org/10.36749/seajom.v5i2.72

Prasetyo, A. G. (2013). Jurgen Habermas dan Analisis Kebijakan Kritis. Jurnal Politik Dan Manajemen Publik, IV, 1.

Artikel Prosiding

Wibowo, A & Anjar, T. (2017). Internalisasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pelaksanaan Konseling Multikultural Dalam Pengentasan Masalah Remaja Akibat Dampak Negatif Globalisasi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling., 1(0), 1–9. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1268

Yanti, Y., Claramita, M., Emilia, O., & Hakimi, M. (2015). Students’ understanding of “Women-Centred Care Philosophy” in midwifery care through Continuity of Care (CoC) learning model: A quasi-experimental study. BMC Nursing, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12912-015-0072-z

Working Paper

Kreisel, G. (1971). The Collected Papers of Gerhard Gentzen.

Buku Teks

Bottmore, T. (2019). Mazhab Frankfurt: Gagasan dan Kritik. Penerbit Independen.

Habermas, J. (1984). The Theory of Communicative Action: Reason and Rationalization. Beacon Press.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL: (Problem Based Learning). Google Buku. Media Sahabat Cendekia.

Manuaba. (2012). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. EGC.

Rochyati, P. (2003). Skrinning Antenatal pada Ibu Hamil. Airlangga University Press.

RUSTIDA, A. (2019). Panduan Aku Beraksi One Student One Client. In Buku Saku Tugas Mahasiswa DIII Kebidanan.

WHO. (2014). WHO Recomendation on Postnatal Care of The Mother and Newborn. Geneva.Switzerland: WHO Press.

Sumber dari internet dengan nama penulis

Tri Nugroho Adi. (2013). MENGENAL TEORI KRITIS HABERMAS. Filsafat Dan Etika Komunikasi. https://sinaukomunikasi.wordpress.com/2013/05/16/mengenal-teori-kritis-habermas/

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Dian Roshanti, & Eriton , E. . (2022). Nalar Kritis Menghilangnya Program One Student One Client Pada Ibu Hamil Risiko Tinggi Di Banyuwangi . JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(3), 15–28. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.471