PERAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KE RIPIK SINGKONG CINTA DI KABUPATEN LANGKAT DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM

Authors

  • Harjo Santoso Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Muchlis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Nurhalita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.962

Keywords:

E-commerce, Etika Bisnis Islam, Peningkatan

Abstract

Perkembangan teknologi internet didukung oleh perkembangan teknologi, komputer, dan telekomunikasi. Pelaku usaha tidak perlu lagi bersusah payah mencari informasi apapun untuk membantu aktivitas usahanya berkat internet. Kehadiran e-commerce tak serta merta berpengaruh pada semua lapisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran e-commerce dalam peningkatakan pendapatan keripik singkong cinta kabupaten langkat ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif dengan pendekatan deskriptif, tujuan metodologi kualitatif penelitian ini yang menggabungkan teknik deskriptif dengan sampel dan populasi adalah untuk memberikan gambaran atau gambaran tentang topik yang diteliti. Informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari buku, publikasi penelitian sebelumnya, dan karya sastra lainnya. Peran e-commerce, peningkatan pendapatan, dan kecintaan Kabupaten Langkat terhadap keripik singkong menjadi variabel bebas dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa Electronic Commerce (E-Commerce) memiliki peran kunci dalam meningkatkan pendapatan karena difokuskan untuk meningkatkan permintaan konsumen, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

 

Kata kunci: , , 

References

Harahap, S. S. (2021). Etika Bisnis Pespektif Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Huda, N. (2019). Ekonomi Makro Islam. JAKARTA: Prenada Nedia Group.

Iswandi, A. (2021). Review E-commerce Dalam Perspektif Bisnis Syariah. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis Keuangan dan Ekonomi Syariah , 9.

Julisar, E. M. (2018). Pemakaian E-commerce Untuk Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. Contech , 6.

Kaenadi, I. (2022). Pemanfaatan Teknologi E-commerce Dalam Proses Bisnis Pada Era Society 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri , 99.

Keuangan, D. S. (2019). Pernyataan Standar Akutansi Keuangan tentang Pendapatan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Khoirudin, M. d. (2021). Etika Bisnis Islam. Bandar Lampung: Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung.

Munawir. (2020). Analisi Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Rosmadi, M. L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA , 27.

Sara, K. D. (2020). Sara, K. D., & Fitryani, F. (2020). PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal EMA , 66.

Selvadurai, S. (2011). Pembangunan perindustrian dan Impak terhadap Ekonomi Lokal di Dumai, Riau, Indonesia. Journal of Social Sciences and Humanities Universiti Kebangsaan Malaysia , 302.

Sholihin, A. I. (2021). Buku Pintar Bank Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sunyoto, D. (2021). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Triyono, A. D. (2018). Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online Dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. JOurnal Sped Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , 33.

Veithzal Rivai, A. N. (2021). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliana, O. Y. (2020). Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan , 44.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Harjo Santoso, Muhammad Muchlis, Purnama Sari, & Siti Nurhalita. (2022). PERAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KE RIPIK SINGKONG CINTA DI KABUPATEN LANGKAT DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 241–251. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.962