PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA

Authors

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lia Purnama Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahrina Ghaisany Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.942

Keywords:

Media Sosial, Keberhasilan Usaha

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat ditandai dengan banyaknya masyarakat memanfaatkan teknologi dalam membantu pekerjaannya. Kebanyakan penggunaan internet oleh pengusaha dipakai untuk media promosi lewat media sosial. Dengan cara pemasaran yang memakai teknologi informasi dan komunikasi canggih lewat media sosial banyak dipakai pengusaha untuk mempromosikan  produknya. Tujuan dari penelitian ini ialah demi mengetahui pengaruh media sosial terhadap keberhasilan usaha pedagang kuliner  di Kecamatan Medan Johor. Penelitian memakai metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data quesioner yang disebarkan memalui G-form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya media sosial berpengaruh siginifikan terhadap keberhasilan usaha pedagang kuliner di Kecamatan Sunggal baik secara parsial maupun secara simultan  . Hal tersebut ditandai dengan dengan nilai thitung 3.960 > ttabel 1.701 dan nilai Fhitung 4.454 > Ftabel 4.20,  sehingga Ha diterima, artinya variabel media sosial berpengaruh siginifikan terhadap keberhasilan usaha.

 

Kata Kunci: 

References

Andriyana, A. N. (2019). Peran Wirausaha Dalam Pengembangan UMKM Dan Desa Wisata. Lakeisha.

Hutaean, J., & Dkk. (2022). Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia Sosial. Yayasan Kita Menulis.

Liswati. (2018). Produk kreatif Dan Kewirausahaan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lumatihunisa, N., & Dkk. (2021). Generasi Cerdas Dan Bijak Bermedia Sosial. CV. Adanu Abimata.

Medankota.bps. (n.d.). No Title. https://medankota.bps.go.id/

Miftah, & Dkk. (2020). Budaya Bisnis Muslim Jambi Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Ahlimedia Press.

Muslih, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Lokasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus UKM Batik Di Kota Jambi). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Nursalina. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

P.P, I. F. (2021). “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Kaos Suci Bandung.” Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Rahmadani, A. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (n.d.). No Title.

Saputra, A. R., Utama, B. L., & Nuryanti, D. H. (2018). Pengaruh Electronic Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha Di Kawasan Tekstil Cigondewah Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol. 18 No.

Setyowati, L. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (MINISTAL), Vol. 1 No., 19–28.

Sihombing, N. S., & Dkk. (2022). Pemasaran Digital. CV. Pena Persada.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Alphabet.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Budi Dharma, Lia Purnama Sari, & Zahrina Ghaisany Pulungan. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 216–225. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.942