PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS KOTA MEDAN)

Authors

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Marwah Auliyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Naili Nuril Aufa Manik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.941

Keywords:

Kepercayaan Konsumen;Minat Beli; Viral Marketing

Abstract

Pemilik bisnis semakin banyak memakai aplikasi Tik Tok yang populer untuk memasarkan barang mereka ke banyak orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat 1) pengaruh viral marketing terhadap minat beli konsumen. 2) Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Niat Beli 3) Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Niat Beli Konsumen Untuk menyelidiki apakah ada hubungan antara karakteristik tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dalam hubungannya dengan penelitian asosiatif, sejenis penelitian formulasi masalah. Data dikumpulkan melalui pengiriman survei melalui situs online. Besar sampel penelitian ini adalah 140 orang. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling, serta analisis regresi linier berganda. Temuan pengelolaan data menunjukkan bahwa variabel viral marketing berpengaruh cukup besar terhadap minat beli pelanggan pada akun tiktok @infoasikdimas. Akun Tik Tok @infoasikdimas berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepercayaan Konsumen yang berpengaruh terhadap Niat Beli Konsumen. Minat Beli Konsumen berpengaruh signifikan terhadap unsur Viral Marketing akun Tik Tok @infoasikdimas dan Kepercayaan Pelanggan.

 

 

References

Afra, T. A., Ma’ruf, J. J., & Utami, S. (2020). The Influence Of Trust And Attitude Towards Social Media Advertising On Purchase Intention Of Clothing Products With Behavioral Responses As Mediating Variable: Study On Students Of Universitas Syiah Kuala. International Journal of Scientific and Management Research, 3(2), 107–117.

Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social Media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988.

Bayu, D. J. (2020, November 11). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. From Databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-diindonesia-capai-1967-juta

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisis 8)(Cetakan ke VIII ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). Jurnal Administrasi Bisnis. PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiijaya Angkatan 2015/2016 yang pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial In, 163-171.

Kondang Kaloka, A. S. (2016). Pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen melalui kepercayaan konsumen pada instagram @makananjember.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (Vol. Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Marpaung, E. T., Studi, P., Administrasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Utara, U. S. (2019). PENINGKATAN PENJUALAN ( Studi pada Ace Hardware Sun Plaza ).

Mohammed, E., & Ali, M. (2017). Investigating Effects Of Viral Marketing On Consumer’s Purchasing Decision. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 5.

Pengalaman, D. A. N., Terhadap, P., Parhusip, A. A., & Lubis, N. I. (2020). MINAT BELI SECARA ONLINE ( Studi Kasus Pada Toko Online tokopedia . com ). 5, 17–28.

Pratiwi, W. A., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Sulistyowati, R., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., & Marketing, S. M. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing. 08(01), 681– 687.

Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169.

Salimun, & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Jurnal Sosial Humaniora, 563–577.

Sari, A., Kaloka, K., Suryaningsih, I. B., Indraningrat, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., Unej, U. J., & Kalimantan, J. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen pada Instagram @ MAKANANJEMBER ( Effect of Viral Marketing Against Customer Buying Interest Through Customer Trust in Instagram @ MAKANANJEMBER).

Sarjita. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap. VII(1), 69–82.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour. Jakarta: PT. Indeks.

Stephanie, C. (2022, November 27). umlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. From Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktokterungkap?page=all

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, Y. R., & Alexandra, R. (2019). the Impact of Viral Marketing on Consumer Interest on Indihome Product. Jurnal Apresiasi Ekonomi,

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Budi Dharma, Marwah Auliyani, & Naili Nuril Aufa Manik. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS KOTA MEDAN). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 206–215. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.941