PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI KRIPIK JAMBU KRISTAL SEBAGAI PRODUK OLEH-OLEH KHAS DESA TANJUNG ANOM

Authors

  • Agiet Mutiara Rengganis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Maisaroh Maisaroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Fathoni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juliana Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.939

Keywords:

Home Industri ,kripik Jambu Kristal, oleh-oleh

Abstract

Pengembangan usaha kecil  dan mikro (UKM) di indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini selain karena usaha tersebut merupakan tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan mengurangi masalah kesenjangan antara pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun untuk mengentas kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan. Home industri adalah salah satu unit usaha/perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Usaha ini biasanya diproduksi oleh perkumpulan ibu rumah tangga. Peran home industri sangat berarti dalam memberdayakan masyarakat agar memiliki kemandirian dalam bidang ekonomi. Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang  memiliki usaha tani pembudidayaan jambu biji yang luas, ini merupakan peluang alternatif pengembangan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dari tempat dan narasumber yang bersangkutan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif pelaku usaha mendapatkan tambahan pengetahuan, pemahaman,dan wawasan serta keterampilan dasar tentang pemasaran produk secara online

 

References

Khairil Hamdi. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai Peluang Kaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 110–116. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2867

Wahono, H. T. T., & Mahendri, W. (2022). Pelatihan Pembuatan Keripik Jambu Kristal sebagai Inovasi Produk Oleh-Oleh Khas Desa Banjarsari. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 63–68. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2532

Swadaya, T. (2014). Jambu Kristal. In E. Syariefa, Jambu Kristal (P. 64). Jakarta: Pt. Trubus Swadaya.

Diana, Nor Laila (2021). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2714-6286.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8028

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In Bumi Aksara (5th ed.).

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Agiet Mutiara Rengganis, Maisaroh, M., Muhammad Fathoni, & Juliana Nasution. (2022). PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI KRIPIK JAMBU KRISTAL SEBAGAI PRODUK OLEH-OLEH KHAS DESA TANJUNG ANOM. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 197–205. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.939