Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Online Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Aplikasi Tokopedia

Authors

  • Tamara Alfira Nisa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ
  • Leli Deswindi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ
  • Ahmad Maulidizen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ https://orcid.org/0000-0003-2528-1614

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i2.607

Keywords:

Brand image, promotion, online customer experience, purchase decision

Abstract

Tokopedia adalah perusahaan bisnis marketplace terkemuka di Indonesia yang memungkinkan individu, toko kecil dan merek untuk membuka dan mengelola toko online. 90 juta lebih banyak pengguna aktif setiap bulan, 6,4 juta lebih banyak penjual yang menggunakan aplikasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 236 responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi Tokopedia untuk membeli produk atau jasa dan memiliki aplikasi Tokopedia,menonton, teknik sampling menggunakan teknik Convenience sampling dengan penentuan sampel menggunakan metode Hair. Pengujian menggunakan metode analisis linear berganda dan uji asumsi klasik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra merek, promosi dan online customer experience memberikan pengaruh untuk meningkatkan keputusan pembelian, adapun saran peneliti untuk Tokopedia yaitu untuk melihat beberapa faktor lain untuk meningkatkan keputusan pembelian, dan terus meningkatkan kualitas dari citra merek, promosi dan online customer experience yang dimiliki Tokopedia

Author Biographies

Tamara Alfira Nisa, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ

Program Studi Manajemen

Leli Deswindi, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ

Program Studi Manajemen

Ahmad Maulidizen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ

Program Studi Manajemen

References

Assidiqi, S., & Julaeha, L. S. (2021). Effect of Price, Sales Promotion and Halal Awareness of Skin Care Product Purchase Decisions (Case Study on Shopee App Users in Jakarta). International Journal of Education, Information Technology, and Others, 4(4), 794–810.

Fauziyah, W. N., & Julaeha, L. S. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 111–122.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. PT Refika Aditama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.

Maulidizen, A. (2022a). Peran Pemimpin Dalam Manajemen Strategi. In Suwandi (Ed.), Konsep dan Implementasi Manajemen Strategi (1st ed., pp. 19–28). CV Eureka Media Aksara.

Maulidizen, A. (2022b). Tinjauan Tentang Manajemen Resiko. In Suwandi (Ed.), Tinjauan Hubungan Manajemen Risiko dan Asuransi (pp. 10–19). CV Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/ru/publications/557902/tinjauan-hubungan-manajemen-risiko-dan-asuransi

Muchtar, A. H., Maulidizen, A., & Winanto, S. (2022). Human Resources Management in Improving Company Performance. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(2), 317–329. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6545502

Mustaqor, A., & Winanto, S. (2022). Pengaruh Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 748–758.

Phillip, H. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & John A. (2003). No Title. European Journal of Marketing, 37 No. 11/, 1762–1800.

Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS: Pengolahan Data dan Analisis Data. START UP.

Thompson, A., Arthur, J., & dkk. (2005). Crafting and executing strategy. United States: McGraw-Hill.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). CV. ANDI OFFSET.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Nisa, T. A. ., Deswindi, L. ., & Maulidizen, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Online Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Aplikasi Tokopedia. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 38–52. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i2.607