Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Online Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Aplikasi Tokopedia
DOI:
https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i2.607Keywords:
Brand image, promotion, online customer experience, purchase decisionAbstract
Tokopedia adalah perusahaan bisnis marketplace terkemuka di Indonesia yang memungkinkan individu, toko kecil dan merek untuk membuka dan mengelola toko online. 90 juta lebih banyak pengguna aktif setiap bulan, 6,4 juta lebih banyak penjual yang menggunakan aplikasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 236 responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi Tokopedia untuk membeli produk atau jasa dan memiliki aplikasi Tokopedia,menonton, teknik sampling menggunakan teknik Convenience sampling dengan penentuan sampel menggunakan metode Hair. Pengujian menggunakan metode analisis linear berganda dan uji asumsi klasik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra merek, promosi dan online customer experience memberikan pengaruh untuk meningkatkan keputusan pembelian, adapun saran peneliti untuk Tokopedia yaitu untuk melihat beberapa faktor lain untuk meningkatkan keputusan pembelian, dan terus meningkatkan kualitas dari citra merek, promosi dan online customer experience yang dimiliki Tokopedia
Downloads
References
Assidiqi, S., & Julaeha, L. S. (2021). Effect of Price, Sales Promotion and Halal Awareness of Skin Care Product Purchase Decisions (Case Study on Shopee App Users in Jakarta). International Journal of Education, Information Technology, and Others, 4(4), 794–810.
Fauziyah, W. N., & Julaeha, L. S. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 111–122.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. PT Refika Aditama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.
Maulidizen, A. (2022a). Peran Pemimpin Dalam Manajemen Strategi. In Suwandi (Ed.), Konsep dan Implementasi Manajemen Strategi (1st ed., pp. 19–28). CV Eureka Media Aksara.
Maulidizen, A. (2022b). Tinjauan Tentang Manajemen Resiko. In Suwandi (Ed.), Tinjauan Hubungan Manajemen Risiko dan Asuransi (pp. 10–19). CV Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/ru/publications/557902/tinjauan-hubungan-manajemen-risiko-dan-asuransi
Muchtar, A. H., Maulidizen, A., & Winanto, S. (2022). Human Resources Management in Improving Company Performance. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(2), 317–329. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6545502
Mustaqor, A., & Winanto, S. (2022). Pengaruh Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 748–758.
Phillip, H. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & John A. (2003). No Title. European Journal of Marketing, 37 No. 11/, 1762–1800.
Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS: Pengolahan Data dan Analisis Data. START UP.
Thompson, A., Arthur, J., & dkk. (2005). Crafting and executing strategy. United States: McGraw-Hill.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). CV. ANDI OFFSET.