Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Permintaan Produk Kerupuk Opak UD. KARYA BERSAMA

Authors

  • Yuliana Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Dariz Radyananda Barus Universitas Negeri Medan
  • Sasti Permata Universitas Negeri Medan
  • Aurora Elise Putriku

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i2.4995

Keywords:

Price, Product Quality, Demand, Kerupuk Opak

Abstract

This study aims to analyze the influence of price and product quality variables on the demand for Kerupuk Opak at UD. Karya Bersama. This research is a quantitative study utilizing primary data collected through questionnaires distributed to 30 customers, using a saturated sampling technique. Data collection methods include questionnaires and literature studies. Instrument testing consists of validity and reliability tests, while classical assumption tests include normality, heteroscedasticity, and multicollinearity tests. Data were analyzed using multiple linear regression with the help of SPSS version 26. The results show that the price variable does not have a significant effect on product demand (tvalue = -0.253 < ttable = 1.70329; significance > 0.05), whereas the product quality variable has a significant effect on product demand (tvalue = 5.391 > ttable = 1.70329; significance < 0.05). Simultaneously, price and product quality significantly influence product demand (Fvalue = 65.853 > Ftable = 3.35; significance = 0.000 < 0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, A. W. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi penjualan terhadap keputusan pembelian pada industri kerupuk Poli Cap Dua Udang di Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Alparabi, A., Hilda, H., & Pratama, C. R. P. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada usaha rumahan Kerupuk Kelempang Cek Isyah Palembang. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(2), 107–119.

Erwin, E. A. (2023). Ekonomi manajerial. Jambi: Sonpedia.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, P. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kerupuk ikan pada UMKM Lamora Desa Socah Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(2), 278–292.

Indriantoro, S. (2002). Metodologi penelitian bisnis untuk akuntansi dan manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kasdi, A. (2016). Permintaan dan penawaran dalam mempengaruhi pasar. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(2), 18–34.

Kiswanto, K., Pudyaningsih, A. R., & Akramiah, N. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian keripik talas. Jurnal EMA, 4(1), 14–22.

Loho, R., Rorimpandey, B., Massie, M. T., & Santa, N. M. (2014). Analisis permintaan produk peternakan di Desa Tawaang Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Zootec, 34(2), 57–64.

Melpiana, E., & Sudarajat, A. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Ms Glow Beauty. Management and Accounting Expose, 5(1).

Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Kinerja, 1–9.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk alat kesehatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta, 1–18.

Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik merek Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 42–49.

Rianto Irvandinata Lumban Gaol, E. A. (2024). Analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus: Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1484–1492.

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian bekas impor di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233.

Sari, R. M. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Survey pelanggan produk sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA, 1171–1184.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2023). Ekonomi manajerial (Konsep terapan bisnis). Yogyakarta: CAPS.

Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Yuliana Simbolon, Dariz Radyananda Barus, Sasti Permata, & Aurora Elise Putriku. (2025). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Permintaan Produk Kerupuk Opak UD. KARYA BERSAMA. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 01–16. https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i2.4995