Peran Karakteristik Kredit Sebagai Pemediasi : Pengaruh Karakteristik Personal Dan Karakteristik Usaha Terhadap Pengembalian Kredit Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

Authors

  • Sugianto Sugianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i3.482

Keywords:

Business, characteristics, credit, personal, return

Abstract

This study aims to re-examine the mediating effect of credit characteristics in examining the effect of business characteristics and characteristics on micro, small and medium enterprise credit at ULaMM Gowa PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Makassar Branch. This quantitative research used purposive and unproportionate so that 150 samples were obtained consisting of 100 current credit debtors and 50 non-current credit debtors. The results of the structural moment analysis provide evidence that personal and business characteristics are significantly positive on credit characteristics. Personal and business characteristics have a significant positive effect on the level of credit purchases. credit characteristics show significant positive results on credit levels. credit characteristics proved to be a mediating variable in explaining the effect of personal and business characteristics on credit levels.

References

Anna Maria & Dwi Rachnina. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi Realisasi Usaha Rakyat. 1(2)

Asih, Mukti. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Kredit Pengusaha Kecil pada Program Kemitraan Corporate Social Responsibilty. Institut Pertanian Bogor

Astri, Yulita, Auditiya. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Kredit Usaha Rakyat Mikro (Studi Kasus: BRI Unit Lalabata Rilau, Soppeng). Skripsi

Dendawijaya, Lukman. (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Handoyo. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Pembiayaan Syariah Untuk UMKM Agribisnis Pada KBMT Wihdatul Ummah Kota Bogor.

Hidayati (2003). Pengaruh Karakteristik Debitur UMKM Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit Pundi Bali Dwipa (Studi Kasus Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Singaraja). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 1(2). 1-15.

Muhammamah, Eka Nur. (2008). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian kredit UMKM: Studi kasus Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indoensia (persero) unit Cigudeg.Cabang Bogor. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Prasetyo, D. W. Bima. (1998). Analisis Karakteristik Debitur yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Guna Menanggulangi Terjadinya Non Performing Loan (NPL) (Studi Kasus Pada BRI Kantor Cabang Pembantu Sukun Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 1(2). 1-16.

Razak, N., Sjahruddin, H., Astuti, N. P., & Syakhrun, A. M. (2017). Pengaruh Kecukupan Modal dan Penyaluran Kredit Terhadap Profitabilitas Perbankan.

Ranggani, Woro Triweng. (1998). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengembalian kredit. Studi kasus pada BMT ulil Albaab Bogor.

Rivai, Veithzal & Andriana Permata Vethzal, (2006). Credit Manajemen Handbook, Edisi Pertama, Jakarta.

Samti Hermawan. (2012). Analisis Karakteristik Debitur yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Pundi Kencana. Universitas Brawijaya, Malang.

Simorangkir, O.P. (2010). Pengantar Lembaga Keuangan Bank dan Nonbank. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudanto, Clara. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kecil Tahun 2008, Kasus Pada Industri Kecil di Tatah Sungging di Dusun Pucung, Wukisari, Imogiri, Bantul”. Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Yogyakarta. (tidak dipublikasikan)

Triwibowo, Dicky. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembalian kredit bermasalah oleh Nasabah di sector perdagangan agribisnis. Kasus pada BPR Rama Gonda Bogor.

Wijayanti, W. S., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Sugianto, S. (2022). Peran Karakteristik Kredit Sebagai Pemediasi : Pengaruh Karakteristik Personal Dan Karakteristik Usaha Terhadap Pengembalian Kredit Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 64–78. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i3.482