Pengaruh Content Sharing, Viral Marketing dan Epistemic Value Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine pada Aplikasi Tiktok Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam

Studi pada Mahasiswa Dikota Bandar Lampung

Authors

  • A. Zuliansyah UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
  • Nurhayati Nurhayati UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
  • Ade Khairun Nisa UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4711

Keywords:

Content Sharing, Viral Marketing, Epistemic value, Purchasing decisions

Abstract

This study aims to test the influence of content sharing, viral marketing, and epistemic value on the purchasing decision of Azarine sunscreen and its views in the Perspective of Islamic Business Ethics on Students in Bandar Lampung City. This study uses a quantitative approach. This study was conducted on students in Bandar Lampung. City who know about Azrarine sunscreen products and use the TikTok application with a population of 90,302 people. Sampling using purposive sampling, to determine the number of samples using the Solvin formula which got 100 people. The analysis method uses SPSS 25. The tests carried out are data validity and reliability tests, analysis prerequisite tests and hypothesis tests.The test results show that Content Sharing partially has no effect on the purchase decision of Azarine sunscreen. While simultaneously (together) the variables of content sharing, viral marketing, and epistemic value have a significant positive effect on the purchase decision of Azarine sunscreen on the TikTok application according to students in Bandar Lampung City,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agilia Syafitri,Eca Ratna Sari,Vicky F.Sanjaya.,“Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening”,Vol.1 No 1(2021)h.26-27.

Agus Sholeh Darmawan, Ananda Chery, dan Meita Anindya Safitri, “Efektitas Iklan Produk Sunscreen ‘Azarine’ Melalui Akun Tiktok @Dictionarei Terhadap Minat Pembelian” 2, no. 3 (2022).

Aisyah Fitri Pasaribu, Tri Inda Fadhila Rahma, dan Budi Dharma, “Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa,” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 10, no. 2 (27 Juni 2023): 81–93.

Ali Mahmud Ashshiddiqi, “Model Epistemologi Personal dalam Keyakinan Tauhid Nabi Ibrahim As (Perspektif Psikologi dan Islam),” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 4, no. 1 (30 Juni 2017): 1–20, https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1263.

Almira Palupi Kesuma. “Pengaruh Nilai Fungsional, Nilai Emosional Dan Nilai Epistemik Terhadap Niat Pembelian Daring Di Marketplace’’ . Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.2021,.

Ancieta Rosvita Bera Kudu, “Pengaruh Persepsi, Content Sharing,dan Perceived Benefit Terhadap Keputusan Pembelian”,2020,h.1-27,.

Anisha Ferdiana Fasha, Muhammad Rezqi Robi, dan Shindy Windasari, “Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (15 Januari 2022): 30–42, https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840.

Annisa mutia,’’Perkiraan Pendapatan Produk Perawatan Diri dan Kecantikan di Indonesia’’(05 Desember 2022).,databoks.katadata.co.id

Anya Irisha Palda, Iisnawati Iisnawati, dan Dessy Yunita, “Pengaruh Content Creation, Content Sharing, Connecting dan Community Building terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 3D Stable Equestrian,” Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis 5, no. 1 (6 Februari 2024): 100–112.

Arina Robbyatul Maulida, Haris Hermawan, Dan Ahmad Izzuddin, “Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian,” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik 9, no. 1 (26 Februari 2022): 27–37.

Asriana Karimah, “Pengaruh Viral Marketing Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Keputusan Pembelian’’,2022,h.1-13,.

Budi Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2), ed. Guepedia/Br, Agustus 20 (Guepedia, 2021).

Budi Untung, Hukum dan Etika Bisnis, (Yogyakarta: C.V Andi offset, 2012), h. 60

Camilius Isidorus Ikut, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pasar Tradisional Semarang”, Serat Acitya, Vol. 11 No. 1 (2022), h. 1,

Carolina Algista Zahra Pratama, Reni Shinta Dewi, dan Andi Wijayanto, “Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 11, no. 1 (17 Oktober 2022): 59–69, https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33406.

Cici Winda Atila, Ahmad Amin Dalimunte, dan Budi Dharma, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Azarine Di Kota Medan,” REVITALISASI 12, no. 1 (24 Juni 2023): 110, https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v12i1.3927.

Datareportal. (2023). Digital 2023. Wawasan Digital Global(n.d.).

Dewi Mufaridah Ayuningsih dan Merlyana Dwinda Yanthi, “Pengaruh Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020”, Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 12 No. 1 (2022), h. 59–75

Doni Marlius dan Nadilla Jovanka, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji,” Jurnal Economina 2, no. 2 (9 Februari 2023): 476–90, https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326.

Farida Karimatun Nisa et al., “Pengaruh Social Media(Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building) Terhadap Keputusan Pelanggan Pada Produk IndiHome”,Jurnal Riset Manajemen,vol12.No 01 (2023), h.1-738.

Felly Eka Saputri, “Pengaruh Nilai Konsumsi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Virtual Pada Massively Multiplayer Online Games (Mmog) Jenis Battle Arena (Moba) Dan Battle Royale Di Indonesia’’(06 Januari 2020),.

George R Terry, Pengantar Manajemen (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015).2015,.4

Gunelius. (2011). 30 - minutes Social Media Marketing. In Journal of Management & Business.

Haerati et al., “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai”, FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Vol. 25 No. 4 (2023), h. 667–78,.

Hendri dan Roy Setiawan, “Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Samudra Bahari Utama”, Agora, Vol. 5 No. 1 (2017), h. 1–8,.

Hiroyasu Furukawa, Koki Matsumura, dan Susumu Harada, “Effect Of Consumption Values On Consumer Satisfaction And Brand Commitment: Investigating Functional, Emotional, Social, And Epistemic Values In The Running Shoes Market,” International Review of Management and Marketing 9, no. 6 (1 November 2019): 158–68, https://doi.org/10.32479/irmm.8713.

Imam Ghazali, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Intan Lathifah Nurul Khoiriah, Bambang Mursito, dan Fithri Setya Marwati, “Keputusan Pembelian Ditinjau Varian Produk, Citra Merek dan Brand Ambassador Terhadap Sunscreen Azarine di Surakarta,” Jurnal Administrasi dan Manajemen 13, no. 2 (30 Juni 2023): 177–83, https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3089.

Novita Karisma dan Rafa Naufal Hanifah, “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awerness terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Karawang,” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 8, no. 1 (29 April 2023): 608, https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.830. 2023,.hal,608

Kotler, P., & Armstrong, G. “Principles of Marketing -14/E. (14th ed., Vol. 15, 2021). Pearson Education”.

Lia Sandra Alimbudiono, Konsep Pengetahuan Akuntansi Manajemen Lingkungan (Surabaya:CV.Jakad Media Publishing.2020)

Liliana Dewi dan Stella Nathania, “Pengukuran Aspek Kepuasan Konsumen Le Fluffy Dessert”, Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 2 No. 01 (2018), h. 61–72, https://doi.org/10.24123/jbt.v2i01.1087.

M.Pd Prof. Dr. Hotmaulina Sihotang, Metode Penelitian Kuantitatif, ed. M.Pd Dr. Erni Murniarti (UKI Press, 2023).

M.Si Hardani, S.Pd. et al., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, ed. AK Husnu Abadi, A.Md., 1,Maret 20 (CV. Pustaka Ilmu, 2020).

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

A. Zuliansyah, Nurhayati Nurhayati, & Ade Khairun Nisa. (2025). Pengaruh Content Sharing, Viral Marketing dan Epistemic Value Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine pada Aplikasi Tiktok Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Dikota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 43–60. https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4711