Faktor-Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha

Authors

  • Heri Sasono STIE Dharma Bumiputera
  • Zainuddin Siata STIE Dharma Bumiputera

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i1.455

Keywords:

Price, Brand Image, Promotion, Product Quality and Purchase Decision.

Abstract

Motorcycles are a means of transportation that are in demand by the people of Indonesia and the price is affordable so that the number continues to increase from year to year. This study aims to see what factors influence the decision to purchase a motorcycle, especially Yamaha.

The research method uses Validity, Reliability, Normality Test, t Test, F Test (Anova), Regression Correlation and Multiple Linear Analysis. The total population is 1,801 people and the sample taken is 100 respondents who have made a purchase. Processing of research data using SPSS version 23 software.

The results of the study are (a). Price and product quality variables have a significant effect on purchasing decisions. (b). Brand Image and Promotion variables have no significant effect on Purchase Decision. While the variable price, brand image, promotion and product quality simultaneously have a significant effect on purchasing decisions Yamaha

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Semarang:Badan Penerbit Universitas diponegoro.

https://mjurnal.com/pendidikan/skripsi/menentukan-variabel-paling-dominan/

Kevin Christian, Steven Handoyo, Kelvin, Pikir Hondo, Andre Fitriano 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rem Cakram dan Rem Tromol Motor Honda Matic pada PT. Mega Anugerah Mandiri Medan. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2012. Principle Of Marketing, 13th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran, 13th Edition jilid 1: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran, 13th Edition jilid 2: Pearson Pretice Hall, Inc.

Muhammad Sahal Farokhis dan Wahyu Hidayat. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat studi kasus pada PT. Nusantara Sakti Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Indonesia.

Muhammad Ulil Abshor, Leonardo B Hasiolan dan Djamaludin Malik 2018. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Torabika Duo. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.

Nadwatul Haramaini, N. Rachma, Afi Rachmat, Slamet. 2019. Pengaruh Promosi, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek HP Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Nasution, Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia, Bogor.

Nur Aulia Agustina, Seno Sumowo, Bayu Wijayantini. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Roti Aloha studi kasus pada Perumahan Gunung Kidul Kabupaten Jember. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Poniman, Budhi. 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Sleman: Deepublish.

Priansa, Donni J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia, Bandung.

Riduwan dan Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Jakarta PT. Indeks

Sedjati, Retina. 2016. Manajemen Pemasaran. Sleman, Deepublish.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Lentera Ilmu Cendekia, Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni V. Wiranta. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan & Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.

Tri Gunawan dan Sasi Agustin 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Surabaya. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Downloads

Published

2022-02-25

How to Cite

Heri Sasono, & Zainuddin Siata. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 01–17. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i1.455