Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pedagang Kaki Lima di Universitas Slamet Riyadi Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i3.3874Keywords:
Product Quality, Service Quality, Customer SatisfactionAbstract
This research aims to analyze the influence of product quality and service quality on customer satisfaction at street vendors at Slamet Riyadi University, Surakarta. In an era of increasingly fierce competition, product and service quality is a key factor in maintaining and increasing customer satisfaction. The research method used is quantitative with a survey approach. Data was collected through questionnaires distributed to street vendor customers in the campus area. Data analysis was carried out using multiple linear regression to see the influence of the two independent variables on customer satisfaction. The research results show that product quality and service quality significantly influence customer satisfaction. The implication of this research is that street vendors need to improve the quality of their products and services to increase customer satisfaction and maintain the sustainability of their business.
Downloads
References
Adi Pangestu, V. B., & Hayuningtyas, K. A. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan. MSEJ, 1349-1359.
Chotimah, N., & S Rahman, N. H. (2022). PENGARUH LOKASI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Among Makarti, 417-425.
Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal riset manajeman dan binis, 37-44.
Ibrahim, M., & Thawil, M. S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. JRMB, 175-182.
Jannah, S. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 489-500.
Jannah, S. A., & Hayuningtyas, K. A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUKDAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN. JESYA, 489-500.
Kamal, N. R., & Artanti, Y. (2024). PENGARUH PROGRAM LOYALITAS, PERSEPSI NILAI, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN BY.U). Edunomika.
Kristina, W. (2023, 12 28). Pertumbuhan Pesat UKM dan IKM Kota Surakarta. (S. Asegaf, Pewawancara) Diambil kembali dari Radio Republik Indonesia: https://www.rri.co.id/bisnis/496339/pertumbuhan-pesat-ukm-dan-ikm-kota-surakarta
Laia, B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 47-58.
Mardiatmoko, G. (2020). PENTINGNYA UJIASUMSIKLASIK PADAANALISIS REGRESI LINIERBERGANDA (STUDI KASUS PENYUSUNAN PERSAMAAN ALLOMETRIK KENARI MUDA [CANARIUM INDICUML.]). Barekeng, 333-342.
Masnun, S., Makhdalena, & Syabrus, H. (2024). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3736-3740.
Pratiwi, N. D., Dimyati, M., & Supeni, N. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi erhadap kepuasan konsumen rumah makan ayam gephok pak giek jember . Riset ekonomi,manajemen,business dan akuntansi, 272-284.
Purnomo, E., & Martomo, P. Y. (2021). Evaluasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima oleh Pemerintah Kota Surakarta di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Syntax Admiration, 518-523.
Restiani, I., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek embaga terhadap kepuasan pelanggan di perguruan tinggi bandung. KarismaPro, 43-54.
Rizkiani, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada UMKM Fotocopy Pelangi Desa Buniwah Kabupaten Tegal.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL. FOKUS, 279-284.
Setiawan, M. W., & Puspitadewi, N. S. (2022). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA NASABAH PT. “X” CABANG PAMOLOKAN SUMENEP. Penelitian Psikologi, 96-107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.