Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pedagang Kaki Lima di Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Authors

  • Aisyah Febriana Nur Baity Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anik Indarwati Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Elyn Januar Purbaningrum Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i3.3874

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

This research aims to analyze the influence of product quality and service quality on customer satisfaction at street vendors at Slamet Riyadi University, Surakarta. In an era of increasingly fierce competition, product and service quality is a key factor in maintaining and increasing customer satisfaction. The research method used is quantitative with a survey approach. Data was collected through questionnaires distributed to street vendor customers in the campus area. Data analysis was carried out using multiple linear regression to see the influence of the two independent variables on customer satisfaction. The research results show that product quality and service quality significantly influence customer satisfaction. The implication of this research is that street vendors need to improve the quality of their products and services to increase customer satisfaction and maintain the sustainability of their business.

 

 

References

Adi Pangestu, V. B., & Hayuningtyas, K. A. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan. MSEJ, 1349-1359.

Chotimah, N., & S Rahman, N. H. (2022). PENGARUH LOKASI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Among Makarti, 417-425.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal riset manajeman dan binis, 37-44.

Ibrahim, M., & Thawil, M. S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. JRMB, 175-182.

Jannah, S. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 489-500.

Jannah, S. A., & Hayuningtyas, K. A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUKDAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN. JESYA, 489-500.

Kamal, N. R., & Artanti, Y. (2024). PENGARUH PROGRAM LOYALITAS, PERSEPSI NILAI, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN BY.U). Edunomika.

Kristina, W. (2023, 12 28). Pertumbuhan Pesat UKM dan IKM Kota Surakarta. (S. Asegaf, Pewawancara) Diambil kembali dari Radio Republik Indonesia: https://www.rri.co.id/bisnis/496339/pertumbuhan-pesat-ukm-dan-ikm-kota-surakarta

Laia, B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 47-58.

Mardiatmoko, G. (2020). PENTINGNYA UJIASUMSIKLASIK PADAANALISIS REGRESI LINIERBERGANDA (STUDI KASUS PENYUSUNAN PERSAMAAN ALLOMETRIK KENARI MUDA [CANARIUM INDICUML.]). Barekeng, 333-342.

Masnun, S., Makhdalena, & Syabrus, H. (2024). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3736-3740.

Pratiwi, N. D., Dimyati, M., & Supeni, N. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi erhadap kepuasan konsumen rumah makan ayam gephok pak giek jember . Riset ekonomi,manajemen,business dan akuntansi, 272-284.

Purnomo, E., & Martomo, P. Y. (2021). Evaluasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima oleh Pemerintah Kota Surakarta di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Syntax Admiration, 518-523.

Restiani, I., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek embaga terhadap kepuasan pelanggan di perguruan tinggi bandung. KarismaPro, 43-54.

Rizkiani, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada UMKM Fotocopy Pelangi Desa Buniwah Kabupaten Tegal.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL. FOKUS, 279-284.

Setiawan, M. W., & Puspitadewi, N. S. (2022). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA NASABAH PT. “X” CABANG PAMOLOKAN SUMENEP. Penelitian Psikologi, 96-107.

Published

2024-06-12

How to Cite

Aisyah Febriana Nur Baity, Anik Indarwati, Elyn Januar Purbaningrum, & Marjam Desma Rahadhini. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pedagang Kaki Lima di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 88–106. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i3.3874