Kinerja Bisnis PTPLN (Persero) ULP Medan Timur : Mengatasi Tunggakan Melalui Pendekatan Terpadu

Authors

  • Amyra Zhahra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muthia Rizti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annio Indah Lestari Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i1.3077

Keywords:

Tunggakan, listrik, pendekatan terpadu

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan kinerja bisnis PT PLN ULP Medan Timur dalam mengatasi masalah tunggakan pembayaran listrik. PT PLN ULP Medan Timur, sebagai penyedia listrik menghadapi berbagai tantangan dalam upaya penagihan tunggakan. Jenis penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengumpulkan sumber yang didapat melalui artikel maupun buku yang terkait dengan judul penelitian ini. Artikel ini menyajikan data yang dilakukan dengan pendekatan terpadu sehingga didapatkan data berupa penyebab masyarakat melakukan tunggakan listrik, alasan masyarakat yang kesusahan dalam inovasi PLN yaitu adanya aplikasi serta fitur terbaru dalam pembayaran serta dijelaskan pula beberapa strategi PLN dalam mengatasi tunggakan listrik yang dilakukan pengguna. Penelitian ini juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi PT PLN ULP Medan Timur dalam mengelola tunggakan, termasuk kesadaran pelanggan, kondisi ekonomi, serta prosedur hukum dan regulasi yang kompleks. Selain itu, artikel ini menyoroti upaya inovatif yang diterapkan oleh PT PLN ULP Medan Timur untuk mengatasi masalah tunggakan.

References

Arifin, m. 2019. “Analisis Sistem Pengendalian Intern Piutang Dalam Meminimalisir Tunggakan Listrik Pascabayar Pada Pt. Pln (Perseso) Unit Induk. Palembang.

Hariyanto, d., & a, s. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Menunggak Rekening Listrik Pada Pln Sub Rayon Sentebang”. Jurnal manajemen motivasi. 11(1), 585.

Krippendoff, Klaus. 1993. “Analisis Isi: Pengantar Teori Dan Metodologi”. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.

Merek, and M. Pasar, "Arikunto, Suharsimi. 2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta." Jurnal Emba1.3 (2013).

Pelhalm, a. M. 2000. “Market Orientation And Other Potential Influence On Performance In Small And Medium-Sized Manufacturing Firms. Journal Of Small Business Management”,38(1): 48−67.

Ponto,hantje.2018. “Dasar teknik listrik”.Deepublish. Jakarta.

Pt.Pln(Persero). https://id.wikipedia.org/wiki/bekasi:logo,dikutip pada tanggal 20 januari 2023

Pusri,Mayuni Hanggel."Implementasi Strategi Penurunan Tunggakan Rekening Listrik Di Pt. Pln (Persero) Wilayah Sumbar Cabang Sungai Penuh Upj Air Hangat Timur Unit Pelayanan Sungai Tutung. Jurnal administrasi nusantara maha 3.1 (2021): 47-61.

Rahmadani, Nurul, And Edi Kurniawan."Implementasi Metode K-Means Clustering Tunggakan Rekening Listrik Pada Pt.Pln (Persero) Gardu Induk Kisaran."Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputertgd 3.1(2020):103-117.

Redaputri, Appin Purisky, And Irman Apriansyah. "Strategi Pengambilan Keputusan Untuk Meminimalkan Tunggakan Tagihan Listrik Pasca Bayar Pt. Pln." Jbmi (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika)19.1 (2022): 20-33.

Sabarguna,b. S.2005. "Analisis DataPada Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama."

Slamet,R.2018.“Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Langgang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam”, 4(1), 1–17.

Zed.Mestika. 2008. “Metode Penelitian Kepustakaan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Amyra Zhahra Lubis, Muthia Rizti, & Annio Indah Lestari Nasution. (2023). Kinerja Bisnis PTPLN (Persero) ULP Medan Timur : Mengatasi Tunggakan Melalui Pendekatan Terpadu. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 185–190. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i1.3077