Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Underwriter, dan Persentase Penawaran Saham Terhadap Underpricing Saham Sebagai Pengambilan Keputusan Melakukan IPO di BEI

Authors

  • Nilam Larasati Universitas Islam Kadiri
  • Miladiah Kusumaningarti Universitas Islam kadiri
  • Agus Athori Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1578

Keywords:

Underpricing, Firm Size, Underwriter Reputation, Share Offering Percentage

Abstract

This study aims to determine the effect of firm size, underwriter reputation, and stock offering percentage partially and simultaneously on underpricing as a company’s decision making to conduct an IPO on IDX. This study is an associative research with quantitative data. The population of this study is all companies that have conducted an IPO on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2017 to 2021, totaling 253 companies. Sampling was carried out using a purposive sampling method which resulted in 36 companies. The technique used is multiple linear regression. The results of the study partially show that firm size with a coefficient value 0,002 and a sig. 0,973 has a positive and insignificant effect on underpricing. Meanwhile, underwriter reputation with a coefficient value -0,018 and a sig. 0,796, as well as stock offering percentage with a coefficient value -0,145 and a sig. 0,696 has a negative and insignificant effect on underpricing. Simultaneously, the result of the study produce sig. 0976, which shows there is insignificant influence between firm size, underwriter reputation, and stock offering percentage on underpricing at IPO companies on the IDX in 2017 to 2021

References

Adnyana, I.M. (2020). Manajemen Investasi dan Portofolio. Diedit oleh Melati. Jakarta Selatan: LPU-UNAS.

Aini, N.S. (2013) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan IPO di BEI Periode 2007-20011’, Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1), pp. 89–102.

Badan Standardisasi Nasional. (2022). https://www.bsn.go.id (Diakses pada: 12 Agustus 2022).

Brigham, E.F. dan Houston, J.F. (2014). Manajemen Keuangan. Jakarta: Airlangga.

Bursa Efek Indonesia. (2022). https://www.idc.co.id (Diakses pada: 27 Juni - 12 Agustus 2022).

Darmadji, T. dan Fakhruddin, H.M. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Djashan, I.A. (2017) ‘Analisis Faktor-faktor Terhadap Underpricing Saham Perdana’, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19(2), pp. 251–258.

Ermaini dkk. (2021). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Didit oleh M. Suardi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlianto, D. (2013). Manajemen Investasi Plus Jurus Mendeteksi Investasi Bodong. Yogyakarta: Goshen Publishing.

Hidayat, W.W. (2019). Konsep Dasar Investasi dan Pasar Modal. Edisi 1. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi Indonesia.

Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Kristiantari, I. (2013) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Ilmiah dan Humanika, 2(2).

Latumaerissa, J.R. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, A.H., Hidayat, R.R. dan Sulasmiyati, S. (2015) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di BEI Periode 2012-2014’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), pp. 1–9.

Lismawati dan Munawaroh (2015) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Akuntansi Bisnis, 2(2), pp. 1–13.

Lubis, T.A. (2016). Manajemen Investasi dan Perilaku Keuangan: Pendekatan Teoritis dan Empiris. Jambi: Salim Media Indonesia.

Mayasari, T., Yusuf dan Yulianto, A. (2018) ‘Pengaruh Return on Equity, Net Profit Margin, dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing’, Jurnal Kajian Akuntansi, 2(1), pp. 41–53.

Pahlevi, R.W. (2014) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Siasat Bisnis, 18(2), pp. 219–232.

Pearce, J.A. dan Robinson, R.B. (2018). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian Jilid 1. Ed. 12. Jakarta: Salemba Empat.

Prastica, Y. (2012) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Saat Penawaran Umum Perdana’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, I(2).

Presiden, R.I. (1995). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal. Republik Indonesia: Otoritas Jasa Keuangan. Tersedia di: https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/regulasi/undang-undang/Documents/Pages/undang-undang-nomor-8-tahun-1995-tentang-pasar-modal/UU Nomor 8 Tahun 1995 (official).pdf.

Presiden, R.I. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Republik Indonesia: LN.2021/No.17, TLN No.6619, jdih.setkab.go.id. Tersedia di: https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176384/PP_Nomor_7_Tahun_2021.pdf.

Purba, A.A. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Saat Initial Public Offering (IPO) pada Perusahaan Sektor Non Keuangan yang Tercatat di BEI Periode 2011-2017. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Putra, I.P.E.P. danSudjarni, L.K. (2017) ‘Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Jenis Industri terhadap Underpricing Saat IPO di BEI’, E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), pp. 492–520.

Rastiti, F. dan Stephanus, D.S. (2015) ‘Studi Empiris Tingkat Underpricing pada Initial Public Offering’, Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(3), pp. 341–511.

Riyanto, B. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rumawi dkk. (2021) Hukum Pasar Modal. Edisi 1. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sari, M.N. (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing saham pasa Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumartik dan Hariasih, M. (2020) Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Diedit oleh Sriyono. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Syofian, A. dan Sebrina, N. (2021) ‘Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di BEI’, Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(1), pp. 137–152.

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Nilam Larasati, Miladiah Kusumaningarti, & Agus Athori. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Underwriter, dan Persentase Penawaran Saham Terhadap Underpricing Saham Sebagai Pengambilan Keputusan Melakukan IPO di BEI. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 244–257. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1578