Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2020

Authors

  • Deris Desmawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fitrianingsih Fitrianingsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rizka Falah S Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nazwa Aulia Drajat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nazwa Witasya Diani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Marlina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1543

Keywords:

Jumlah Penduduk, Pertumbuhan Ekonomi, Covid-19

Abstract

Jumlah Penduduk memiliki kaitan yang dipandang sebagai satu dari banyak faktor yang bagus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ketika kuantitas Penduduk bertambah maka hal tersebut akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi,  sebab dengan meningkatnya jumlah penduduk akan berdampak pada meluasnya pasar yang menjadikan tingkat spesialisasi dalam ekonomi meningkat. Tapi pada kenyataannya laju kenaikan Jumlah Penduduk tidak selalu memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Pada kasus tahun 2019 – 2020 dimana Jumlah Penduduk meningkat tetapi pertumbuhan ekonomi menurun. Maka jurnal ini dibentuk dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di kabupaten tangerang. Metode yang dipakai ialah metode analisis korelasi. Adapun informasi yang dikumpulkan adalah informasi kuantitas penduduk dan pertumbuhan ekonomi di kabupaten tangerang dalam kurun waktu 2019 hingga 2021. Hasil Pengkajian Menunjukkan:  Jumlah Penduduk memberikan hambatan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan jumlah penduduk namun tidak di samakan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi akan memberikan dampak yang lumayan signifikan bagi perekonomian. Salah satu dampak dari pengaruh kenaikan jumlah penduduk dan penurunan pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan tingkat pengangguran.

References

Indra Suhendra, Bayu Hadi Wicaksono Tingkat Pendidikan, Upah, Inflasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Indonesia [Journal]. - Kota Serang : [s.n.], 2016. - Vol. VI.

Saharuddin Didu, Ferri Fauzi Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Lebak [Journal]. - Serang : [s.n.], 2016. - Vol. VI.

Badan Pusat Statistik. (2018) Produk Domestik Regional Bruto 2018. Kabupaten Tanggerang

Badan Pusat Statistik. (2019) Produk Domestik Regional Bruto 2019. Kabupaten Tanggerang

Badan Pusat Statistik. (2020) Produk Domestik Regional Bruto 2020. Kabupaten Tanggerang

Murni, Asfia,. Ekonomika makro Pertumbuhan Ekonomi dan Kebijakan Makro, PT. Refika Aditama, Bandung: 2016

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Deris Desmawan, Fitrianingsih Fitrianingsih, Rizka Falah S, Nazwa Aulia Drajat, Nazwa Witasya Diani, & Siti Marlina. (2023). Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2020. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 150–157. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1543