Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Kasus Implementasi Aplikasi Jaki)

Authors

  • Muhammad Alfi Maulana Ammas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Ardi Faiz Alfianshah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Arlian Efrata Tarigan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Andi Gunawan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • M. Fadel Alfayed Idham Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1539

Keywords:

Layanan Publik, e-Government, JAKI

Abstract

Penelitian ini membahas aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang dikembangkan oleh Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City sebagai super-aplikasi untuk membantu keseharian warga Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan analisis teoritis dan kajian referensi berdasarkan sumber-sumber literatur ilmiah. Aplikasi JAKI menyediakan berbagai fitur layanan dan informasi yang dapat diakses oleh pengguna secara mudah dan praktis melalui smartphone. Tujuan Penelitian ini memberikan gambaran penggunaan aplikasi dalam kaitannya dengan e-government. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi JAKI berhasil memberikan hasil konkret dalam layanan publik yang optimal bagi masyarakat dalam hal pelaporan dan penyelesaian permasalahan. Selain itu, kualitas sistem dan informasi yang diberikan melalui Aplikasi JAKI sangat berpengaruh terhadap kegunaan dan kepuasan pengguna. Dengan demikian, aplikasi JAKI berhasil meningkatkan pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

References

Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma, 23(1).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Jakarta Smart City. (2023, 1 April). Data Harian. Diakses pada 1 April 2023, dari https://crm.jakarta.go.id/data-harian.

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1-16

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Muhammad Alfi Maulana Ammas, Ardi Faiz Alfianshah, Arlian Efrata Tarigan, Andi Gunawan, & M. Fadel Alfayed Idham. (2023). Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Kasus Implementasi Aplikasi Jaki). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 140–149. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1539