Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Kasus Implementasi Aplikasi Jaki)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1539Keywords:
Layanan Publik, e-Government, JAKIAbstract
Penelitian ini membahas aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang dikembangkan oleh Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City sebagai super-aplikasi untuk membantu keseharian warga Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan analisis teoritis dan kajian referensi berdasarkan sumber-sumber literatur ilmiah. Aplikasi JAKI menyediakan berbagai fitur layanan dan informasi yang dapat diakses oleh pengguna secara mudah dan praktis melalui smartphone. Tujuan Penelitian ini memberikan gambaran penggunaan aplikasi dalam kaitannya dengan e-government. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi JAKI berhasil memberikan hasil konkret dalam layanan publik yang optimal bagi masyarakat dalam hal pelaporan dan penyelesaian permasalahan. Selain itu, kualitas sistem dan informasi yang diberikan melalui Aplikasi JAKI sangat berpengaruh terhadap kegunaan dan kepuasan pengguna. Dengan demikian, aplikasi JAKI berhasil meningkatkan pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
Downloads
References
Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma, 23(1).
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.
Jakarta Smart City. (2023, 1 April). Data Harian. Diakses pada 1 April 2023, dari https://crm.jakarta.go.id/data-harian.
Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1-16
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.