Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang

Authors

  • Dinda Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang
  • Febsri Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1536

Keywords:

Nilai Pelanggan; Kualitas Pelayanan; Kedeketan Emosional; Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dan uji t-Statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai pelanggan, keandalan, daya tanggap, dan kedekatan emosional berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang. Sedangkan bukti fisik, jaminan dan empati tidak berpengaruh signfikan terhadap loyalitas nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang.

References

Astuti. (2016). Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen, 1(4).

Ayuningtyas, K.A dan Siregar, Salim. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank Mandiri Cabang Alam Sutera Tangerang). Jurnal Manajemen, Volume 11 No 1, Januari-Juni 2021 e-ISSN 2627-7872/2088-8554

Budiyono, Iwan dan Murtiasri, Eka. 2018. The Effect Of Customer Value Dimensions To Describe Customer Satisfaction And Behavioral Intention Of Sharia Banks In Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance (2018, Vol. 2 No. 1) 2654-8569 (E-ISSN)/2654-8577 (P-ISSN)

Chayati, D. Z., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kinerja Produk Dan Ikatan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Simpati. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(11), 1–16.

Hadiwidjaja, R. D. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Maal Wat Tamwil. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 289–312. https://doi.org/ 10.15408/akt.v10i2.5936

Harun, R. H. (2015). Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Simpedes Pada Bri Unit Kantor Cabang Palu. E-Jurnal Katalogis, 3(10), 145–154.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS.

Indana, Rifaatul. 2020. Effect Of Customer Value And Satisfaction On Customer Loyalty: Evidence On Indonesian Islamic Bank. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4, No. 1. Pp.413-422

Ivantan, dkk. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bpr Syariah X. ISSN : 2622 – 8882, E-ISSN : 2622-9935. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2, No. 3, April 2020

Khatab, Jawdat Jaafar, et al. 2019. The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: Evidence from Public Sector and Private Sector Banks in Kurdistan/Iraq. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 28, No. 20, (2019), pp. 865-872

Leninkumar, V. (2016). The Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction. European Journal of Business and Management, 8(33), 44–49. http://140.116.249.155/file.php/ 66423/CB_Final-Telecom_in_Vietnam.pdf

Nurhalimah, Nuni dan Nurhayati, Ade. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6 No. 2 September 2019. P - ISSN : 2503-4413. E - ISSN : 2654-5837, Hal 1 – 5

Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39

Purwanto, Y. dan Mulyono, R. (2006). Psikologi Marah. Bandung: Refika. Aditama.

Putra, Y. E. dan N. Aziz. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang.” European Journal of Marketing, Volume 27, Nomor 9 (hlm. 19-35).

Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Bri Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9), 622–635. https://doi.org/10.20473/vol1iss 20149pp622-635

Rahmah, P., et al. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Pengadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng. Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen Dan Akuntansi”, 3(2), 46–52.

Ramadhani, A. P., et al. (2019). Pengaruh Nilai Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Ada Bank Bri Cabang Martadinata Malang). Jurnal Riset Manajemen, 93–112.

Repiannur, Rachma, N., & ABS, M. K. (2020). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Hypermart Giant Jl.Mt.Haryono No. 146 Malang). Jurnal Riset Manajemen, 29–47.

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak Dan Permasalahannya Dalam Buku Ajar Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Sagungseto.

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus Bni Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 19–32.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Sawitri, S. et al. (2013). Implementasi Strategi Branding Usaha Batik Loyalitas Konsumen Pada Umkm Batik Pekalongan Jawa Tengah. Teknobuga, 2(1), 19–40.

Sunyoto, D. (2015). Manejemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Waluyo, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kebumen. Jurnal Hummansi, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.32639/ fokusbisnis.v8i2.28

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Dinda Putri, & Febsri Susanti. (2023). Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci PT. Bank Nagari Cabang Pembantu Klas D Ulak Karang Padang. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 78–98. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i2.1536