ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBANGUNAN JALAN FRONTAGE WARU - BUDURAN GUNA MENAGGULANGI KEMACETAN DI SIDOARJO

Authors

  • Kartika Candra Setyawati UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.169

Abstract

Dengan jumlah penduduk 2.082.801 jiwa menurut BPS Sidoarjo dari data hasil Sensus Penduduk tahun 2020. Hal ini menjadikan Sidoarjo tidak jauh dengan permasalahan kemacetan di setiap titik jalannyaSidoarjo sebagai wilayah suburban yang menjadikan daya Tarik tersendiri untuk membangun pemukiman, membuka usaha, dan mencari pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan kemacetan di beberapa titik jalan Kabupaten Sidoarjo. Salah satu titik yang menjadi langganan macet di Kabupaten Sidoarjo adalah sepanjang jalan raya Aloha hingga Gedangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan mengandalkan data sekunder seperti artikel jurnal serta laporan yang terkait dengan analisis keefektifan pembangunan jalan frontage di Sidoarjo. Pembangunan jalan frontage ini dinilai sangat efektif untuk mengatasi kemacetan di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini karena sistem pada jalan frontage akan mencegah para pengendara yang berpindah jalur secara mendadak. Dengan adanya batas antar jalur, nantinya angkutan umum harus berjalan di jalur yang lambat mengingat kendaraan ini kerap berhenti dan berjalan dengan kecepatan yang lambat. Sedangkan kendaraan pribadi nanti akan melintasi jalur yang cepat.

Kata Kunci: Kemacetan, Jalan Frontage, Sidoarjo

 

References

Ananda, D. (2021). Pengaruh Proyek Frontage Road Sebagai Solusi Kemacetan di Sidoarjo, Surabaya dan Gresik.

DImas. (2021). Digelontor Anggaran Ratusan Miliar Tiap Tahun, Frontage Road Waru-Gedangan Tak Kunjung Rampung.

Ismail, M. (2021, November 26). Program Prioritas APBD 2022 (Frontage Road). Beritajatim.Com.

Kasus, S., Kawasan, :, Banyumanik, S., Semarang, K., Wijanarko, I., Ridlo, M. A., Program, ), Wilayah, S. P., Universitas, K., Sultan, I., & Semarang, A. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PENYEBAB TERJADINYA KEMACETAN. 14(1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/psa/article/download/3859/2764

Kharisma, A. (2022). 6 Perusahaan Hibahkan Lahan untuk Frontage Road di Sidoarjo.

Kominfo. (2022). Proyek Frontage Road Aloha Tembus Lingkar Timur Mulai Digarap Juli, Gus Muhdlor: Tahun Depan Sudah Bisa Dilewati.

Luh Wayan Rita Kurniati, N. (2015). KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA PASAR BARU BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR (STUDI KASUS AREA SEKITAR STASIUN BOJONG GEDE) TRAFFIC CONGESTION ON BOJONG GEDE MAIN STREET (A CASE STUDY: BOJONG GEDE STATION AREA). 145.

Mustikarani, W. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN LALU LINTAS DI SEPANJANG JALAN H RAIS A RAHMAN (SUI JAWI) KOTA PONTIANAK. Jurnal Edukasi, 14(1), 4.

Nur, K., Rangan, P., & Mahyudding. (2021). Sistem Transportasi (R. Watrianthos & J. Simarmata, Eds.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Putera, W. M., Hendarto, R. M., & SBM, N. (2018). Analisis Prioritas Kebijakan Penanganan Kemacetan Jalan Raya Serpong Kota Tangerang Selatan. Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(2). https://doi.org/10.24856/mem.v33i2.640

Sugianto, & Kurniawan, M. (2020). TINGKAT KETERTARIKAN MASYARAKAT TERHADAP TRANSPORTASI ONLINE, ANGKUTAN PRIBADI DAN ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEPSI. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 1(2), 52.

Supriyanto, H. (2022). Akankah Frontage Road Aloha-Gedangan Atasi Kemacetan di Sidoarjo?

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Candra Setyawati, K. (2022). ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBANGUNAN JALAN FRONTAGE WARU - BUDURAN GUNA MENAGGULANGI KEMACETAN DI SIDOARJO. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.169