Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Kerja Bidan di RSU Sinar Husni Medan

Authors

  • Lidia Z Simanjuntak Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Ismail Efendy Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Miskah Afriany Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Indah Anggraini Institut Kesehatan Helvetia Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1197

Keywords:

Tanggung Jawab, Jenjang Karir, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja

Abstract

Permasalahan kinerja tenaga kesehatan merupakan permasalahan mendasar yang akan selalu dijumpai dalam menajemen rumah sakit. Oleh karena itu, manajemen rumah sakit harus mengetahui indikator apa saja yang menyebabkan kinerja tenaga kesehatan tidak dapat maksimal sehingga tenaga kesehatan merasa puas dalam bekerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang memengaruhi motivasi kerja bidan di RSU Sinar Husni Medan. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan bidan yang ada di RSU Sinar Husni Medan sebanyak 45 orang. Sampel menggunakan tehnik Total Populasi sebanyak 45 orang bidan. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan = 0,023 tanggung jawab p = 0,020, jenjang karir p = 0,007 dan lingkungan kerja p = 0,012 terhadap motivasi kerja bidan di RSU Sinar Husni Medan. Sedangkan faktor yang paling dominan yaitu jenjang karir p = 0,003 dan 95% CI = 9.136-34327.387 dengan OR = 60.027. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan, tanggung jawab, jenjang karir dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja tenaga bidan di RSU Sinar Husni Medan. Disarankan kepada Institusi Rumah Sakit agar menciptakan suatu kebijakan yang berfokus pada bidan dalam segala aspek, baik manajemen organisasi yang biak, melatih untuk tanggung jawab terhadap pekerjaan, meningkatkan mutu dari aspek kesejahteraan karyawan, serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawan sehingga menghasilkan bidan yang berpotensi memiliki perilaku pelayanan yang baik.

References

Alberto, J. B. S. A. P. (2018). The Influence of Leadership, Organizational Culture and Work Climate on Employee Performance in the Departement of public Works and Spatial Planning of Padang City. Advances in Economics, Bussines and Management Research. 64 910-918.

Bustamam. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Tenaga Perawat Di Puskesmas Ujong Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat.

Ddk, A. (2021). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Ajibarang. Jurnal Ilmu Kesehatan Umc, 1(1 Edisi Januari-Juni 2021).

Gustiyah, R. (2019). Analisis factor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja.

Habibi B. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan di PT. Askes Regional VI Jawa Tengah Dan D.I.Y Bagian Sumber Daya Manusia dan Umum Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Hendra. (2018). Pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai Perum Pegadaian Malang.

Hindarto SY. (2018). 6,5 Juta Tenaga Kerja Indonesia Tersebar Di 176 Negara. Bandung.

Kontesa. (2020). hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan motivasi kerja perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr. Rasidin Padang. Fundamental And Management Nursing Journal, 3, No. 2.

Makatiho. JG, Tilaar C, R. B. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap C Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Nisa, dkk. (2020). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud 45 Kuningan Tahun 2019. Ournal Of Nursing Practice And Education, 01 NO 01.

Primelia, dkk. (2019). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta. Akultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan.

Rahman, A. M. P. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, dan Komunikasi Organisasi Terhadap Motivitas Kerja Karyawan Pada PT Jatim Times Network di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 63 82-89.

Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Jakarta. (2015). Kementerian Kesehatan RI.

Sensusiati. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit mekar sari (Tesis, tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Setiawati, D. (2019). Determinan kinerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit tni al dr. mintoharjo Jakarta (Tesis, tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Suwatno & Priansa, D. J. (2011). Manajemen sumber daya manusia dalam organisasi publik dan bisnis. Alfabeta.

Ursalam. (2016). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Salemba Medika.

Vendriana Lisdiani. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Hotel Grasia Semarang).

Yolanda. (2019). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Dengan Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Lavalette Malang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Univesitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Lidia Z Simanjuntak, Ismail Efendy, Miskah Afriany, & Indah Anggraini. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Kerja Bidan di RSU Sinar Husni Medan . Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1), 180–192. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1197