HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD PANDEHEN PALANGKA RAYA

Authors

  • Karmitasari Yanra Katimenta STIKes Eka Harap Palangka Raya, Indonesia
  • Siti Santy Sianipar STIKes Eka Harap Palangka Raya, Indonesia
  • Vina Agustina STIKes Eka Harap Palangka Raya, Indonesia
  • Kristin Rosela STIKes Eka Harap Palangka Raya, Indonesia
  • Ersiyana Ersiyana STIKes Eka Harap Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1189

Keywords:

Pola asuh orang tua, Perkembangan kognitif anak usia dini

Abstract

Pola asuh orang tua mempunyai peran penting dalam perkembangan kognitif anak berhubungan dengan kemampuan otak, sehingga berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan atau intelegensi seseorang anak. Fenomena yang terjadi di PAUD Pandehen adalah pola asuh orang tua dengan berbea-beda seperti sebagian orang tua di rumah menemani anaknya belajar dan bermain, sebagian orang tua lagi hanyak membiarkan anaknya bermain sendiri agar anak mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Pandehen Palangka Raya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel Total Sampling dengan jumlah 35 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesionner. Uji statistik Spearman Rank.  Hasil penelitian menunjukan dari 35 responden terdapat pola asuh orang tua dengan pola asuh Demokratis 25 responden (71,4%), pola asuh Permesif 8 Responden (23%), dan pola asuh Otoriter 2 responden (6%). Sedangkan untuk perkembangan kognitif meliputi Berkembang sesuia usia 28 responden (80%), Belum berkembangan sesuai usia 7 responden (20%). Hasil analisa uji statistik Spearman’s rho didapatkan H1 diterima menyatakan ada hubungan yang signifiksan tentang Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di PAUD Pandehen Palangka Raya, p value = .000 <α (0,05) yaitu p value < 0,05 maka hubungan tersebut secara statistik ada hubungan yang bermakna dan bukti bahwa kekuatan korelasi p hitung .000 sangat lemah namun arah korelasi positif dengan hasil .663** pada level 0.01 yang menyatakan bahwa korelasi searah. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Pandehen Palangka Raya yang erat signifikan.

 

References

Ashari, C. D., Ngesti W. Utami, & Susmini. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Kecamatan Magelang Selatan. Nursing News Vol 2, No 2, 2017, 2, 728–738.

Ashari, C. D., Utami, N. W., & Susmini. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Kecamatan Magelang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2 (3), 565–579.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Irwan, N. Q. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Di Paud Kasih Bunda Pontianak. Jurnal ProNest, 3(1), 1–12.

Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179

Mainnah, M.-, Fajriah, H., & Roemin, L. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Usia Dini Di Tk Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 80. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8536

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2018). SOSIAL ANAK ( Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018 ).

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253-263

Nursalam. (2017a). Metode penelitian ,Journal of Chemical Information and Modeling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nursalam. (2020). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Selemba Medika.

Shantika, 2017. Golden Age Parenting. Bantul: Psikologi Corner.

Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Yuniarti, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. 103–111.

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Karmitasari Yanra Katimenta, Siti Santy Sianipar, Vina Agustina, Kristin Rosela, & Ersiyana, E. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD PANDEHEN PALANGKA RAYA . Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1), 153–168. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1189