MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK PADA SISWA KELAS I SD INPRES TALABORONG KEC. BAJENG BARAT KAB. GOWA

Authors

  • Salmiati Muis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Muzaini Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Satriani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1674

Abstract

This study aims to improve numeracy skills using beads in class I SD Inpres Talaborong Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa. The type of research used in this research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were first grade students of SD Inpres Talaborong Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa, totaling 21 students. This research was conducted in 2 (two) cycles and each cycle was carried out in three meetings outside the final test of each cycle. The data collection used is observation and tests. The results showed that in the first cycle the average score of the students as a whole was 63.3. This shows that the numeracy skills of the first graders of SD Inpres Talaborong Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa is still relatively low. Therefore the researcher made a contribution by applying the bead media in learning and giving the media to each group so that students more easily understood how to learn to count integers. After applying the media, there was an increase in cycle II which obtained an overall average student score of 95.7. Based on these results it can be concluded that the use of media beads can improve the numeracy skills of the first graders of SD Inpres Talaborong Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa.

References

Abdurahman, M., & Nufus, H. (2014). Penggunaan Media Manik-Manik untuk meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Anak Tunagrahita Ringan dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Pend Luar Biasa.

Alwi, K. O. (2022). Aktivitas Meronce Manik-manik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar IV Di SLB YPAC Makassar.

Ananda, K., & Harun, H. (2021). Pengembangan Media Manik-manik Hitung untuk Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A . Jurnal Pelita PAUD, 5(2). 154-161.

Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajara.. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiyono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta

Dwi Prasetia Danarjati, dkk. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha singaraja, 2(1), 1-11.

Fadjar Shadiq. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Faizin, I. (2017). Lembaga Pesantren dan Tantangan Global. Journalof Chemical Informationand Modeling, 8(9), 1-58. https://doi.org/10.1017/CB09781107415324.004

Fauzy, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika (operasi hitung penjumlahan dan pengurangan) Media Manik-Manik Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri. Jurnal Ortopedagogia, 1(4), 336-342.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNISIKA), 3(1).

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran auditory, intellectually, and repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Pustek Serpong. JURNAL e-DuMath, 2(2).

Gazali, E. (2018). Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Oasis, 2(2), 94-109.

Hamka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi (1st ed.; I. Yuwono, ed). Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/6126/1/B5. Publikasi Buku Reprensi Media Pembelajaran Inklusi.pdf

Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. Jurnal Education and development, 4(5), 13-13.

Hazmi, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Manik-Manik Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sekotong Tengah. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(2), 58-71

Ireel, A. M., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Merudikasi Kecemasan Menghadapi Ujian siswa SMP di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.33369/consilia.12.1-10

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formati: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 20-27.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT : Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur`an, Hadist, Syari`ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Grafindo : Jakarta

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siska, S., Safei, S., &Sulasteri, S. (2021). Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Media Pembelajaran Manik-Manik Warna. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 242-253.

Sulfemi, W. B. (2016). Hubungan persepsi peserta didik tentang kompetensi guru mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho, 5(2), 52-70.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Salmiati Muis, Muhammad Muzaini, & Sri Satriani. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK PADA SISWA KELAS I SD INPRES TALABORONG KEC. BAJENG BARAT KAB. GOWA. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 271–282. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1674