Perancangan UI/UX Aplikasi MinaTani Sistem Informasi Agriculture Technology Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Aas Aisyiah UIN Walisongo Semarang
  • M. Naufal Muhadzib Al-Faruq UIN Walisongo Semarang
  • Nur Aini UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v1i4.780

Keywords:

UI/UX, DesignThingking, Pertanian

Abstract

Hampir separuh dari jumlah rakyat Indonesia bekerja di sektor pertanian. Namun, perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan perubahan drastis bagi kehidupan saat ini, tak terkecuali pada sektor pertanian. Hal ini menyebabkan tertinggalnya industri pertanian Indonesia dalam bidang teknologi. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah platform yang dapat menjadi jalur pemahaman akan teknologi dalam bidang pertanian yang dapat diakses oleh masyarakat luas. MinaTani merupakan sebuah aplikasi sistem informasi di bidang pertanian secara online. Fitur yang terdapat pada aplikasi meliputi kelas online, toko online, program mentorship, dan masih banyak lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan Design Thinking. Metode Design Thinking merupakan sebuah metode desain produk perangkat lunak berbasis inovasi yang bertumpu pada pencarian solusi untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Setelah menemukan dan memahami permasalahan yang didapat melaui proses Identify the problem, Describe Solution, Empathize to User, Appeal to Business, Lock in Agreement (IDEAL) dan Prototype serta Test.  Sehingga Aplikasi MinaTani mampu menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini.

References

R. Sugangga, “Pengembangan Produk Menggunakan Design Thinking Pada Masa Pandemi Covid -19,” vol. 18, no. 2, 2020.

E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “Pengembangan Ui / Ux pada aplikasi M - Voting, ”Simp. Nas. RAPI, pp. 364 – 370, 2019.

ABDUL NASER, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi,S.S. (2018). Perancangan User Interface Dan UserExperience Halaman Website Program Studi DesainKomunikasi Visual Universitas Negeri Padang.DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).

ABDUL NASER, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi,S.S. (2018). Perancangan User Interface Dan UserExperience Halaman Website Program Studi DesainKomunikasi Visual Universitas Negeri Padang.DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).

Matari, G. N., & Pribadi, R. R. (2022, January). Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. In MDP Student Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 231-238).

Zaki, A., & Sukoco, I. (2018). Use Of Design Thinking At Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung. AdBispreneur, 3(2), 123-129.

Syabana, R. I., & Saputra, P. Y. (2020, October). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku. In Seminar Informatika Aplikatif Polinema (pp. 47-52).

Ulpa, D. Y., Teguh, R., & Pratama, D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Lazada Berbasis Mobile Dengan Metode Servqual. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 38-48.

Dien Novita, and Fareza Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi , Vol. 2, No. 1, pp. 22-37, 2021.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Aas Aisyiah, M. Naufal Muhadzib Al-Faruq, & Nur Aini. (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi MinaTani Sistem Informasi Agriculture Technology Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 1(4), 64–77. https://doi.org/10.55606/juprit.v1i4.780