PENGARUH MODIFIKASI LUBANG BUANG TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 2 TAK VESPA EXEL 150

Authors

  • Muhamad Shohibun Amin Universitas Tidar
  • Tegar Jati Nugroho Universitas Tidar
  • Wibi Adrian Fahrezi Universitas Tidar
  • Andhi Pradhana Brimadhatu Narendra Universitas Tidar
  • Trisma Jaya Saputra Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v2i3.2124

Keywords:

Daya, torsi, lubang buang

Abstract

Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar yang banyak digunakan sebagai sumber tenaga dari kendaraan bermotor. Mesin pada motor 2tak merupakan salah satu motor yang mengunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi banyak terjadi penyempurnaan dan pengembangan komponen–komponen untuk menambahkan daya dan torsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh modifikasi blok silider pada lubang  buang terhadap daya dan torsi pada sepeda motor 2 tak vespa exel 150.Dengan lubang buang standar tinggi 24mm dan lubang buang modifikasi tinggi 28mm dengan uji dynotest untuk mengetahui daya da torsi dari 3000 RPM sampai 7000 RPM. Hasil pengujian menujukan bahwa daya maksimal pada lubang buang standar sebesar 7,76 HP pada RPM 5420 sedangkan lubang buang modifikasi memperoleh daya maksimal sebesar 8,47 HP pada putaran RPM 5740. Untuk torsi maksimum lubang buang standar diperoleh sebesar 10,91 Nm pada putaran RPM 4920 sedangkan pada lubang buang modifikasi memperoleh torsi  maksimal sebesar 11,42 Nm pada putaran RPM 4700

References

A. W. Romadlhon. (2020) “Perbandingan Diameter Piston 57 Mm, 59 Mm Dan 62 Mm Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Yamaha Vixion 150 Cc Tahun 2012,” Surya Tek., vol. 7, p. 1.

B. Yodistyawan. (2018). “Pengaruh Diameter Porting Silinder Head Terhadap Performa Motor 4 Tak 100 Cc Tipe Sohc (Single Over Head Chamshaf),”.

F. Majedi. (2017). “Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head,” Teknol. terpadu, vol. 5, p. 82.

I. G. E. J. Prastika. (2018). “Pengaruh Perubahan Bentuk Squish (Sudut Kepala Silinder) Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Konvensional,” Pendidik. Tek. mesin undiksha, vol. 6, p. 178.

Sudarsono. (2005). “Pengaruh Perubahan Volume Cylinder Head Dan Tinggi Lubang Exhaust Terhadap Kenaikan Daya Pada Sepeda Motor F1zr,” teknoligi Acad., vol. 10, p. 70.

Wardoyo. (2013) “Pengaruh Modifikasi Lubang Inlet Outlet Dan Silinder Head Terhadap Kenaikan Putaran Dan Daya Pada Mesin Bensin Dua Lubang Satu Silinder Untuk Sepeda Motor,” angkasa, vol. v, pp. 75–82.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Muhamad Shohibun Amin, Tegar Jati Nugroho, Wibi Adrian Fahrezi, Andhi Pradhana Brimadhatu Narendra, & Trisma Jaya Saputra. (2023). PENGARUH MODIFIKASI LUBANG BUANG TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 2 TAK VESPA EXEL 150. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(3), 140–145. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i3.2124