ANALISIS KINERJA PENGELASAN TITIK DAN SAMBUNGAN LIPAT PADA INNER DAN OUTTER FILTER UDARA KENDARAAN METODA UJI TARIK

Authors

  • Bambang Herlambang Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Wawan Budiarto Universitas Pamulang Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v2i3.2110

Keywords:

analisis kekuatan mekanik, pengelasan titik, sambungan lipat, filter udara, uji tarik

Abstract

Filter merupakan komponen pendukung mesin berupa saringan terbuat dari material yang memiliki kemampuan menyaring dalam satuan mikron. Dalam teknologi permesinan dan transportasi dikenal berbagai jenis filter. Filter tersebut dibagi berdasarkan letak penggunaanya pada mesin kendaraan atau mesin pembangkit. diantaranya Air filter untuk menyaring udara sebelum masuk ke ruang bakar , Oil filter untuk menyaring oli mesin dari sisa – sisa pembakaran dan gesekan piston, Fuel filter untuk menyaring bahan bakar dari kontaminan yang dapat mengakibatkan kerusakan mesin, dan Cabin filter untuk menyaring udara pada cabin kendaraan supaya bersih dan sehat bagi penggunanya. Inner dan Outter merupakan komponen penyusun sebuah filter. Fungsinya adalah sebagai penguat media element supaya tidak terjadi collapse atau explode pada filter ketika media element menerima tekanan. Dalam pembuatanya menggunakan plat SEGC kemudian disambung dengan metode las titik ataupun sambungan lipat. Kekuatan dari sambungan merupakan hal yang penting karena menyangkut daya tahan dari filter tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan analisis kinerja las titik dan sambungan lipat dengan metoda uji tarik dengan variasi overlap, ketebalan material dan jenis diamond. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis sambungan yang paling efektif untuk pembuatan filter udara kendaraan. Penelitian dimulai dengan studi pustaka pengelasan titik dan sambungan lipat. Kemudian dilanjutkan dengan proses persiapan alat dan bahan penelitian. setelah alat dan bahan sudah siap maka dilakukan proses pengelasan titik dan sambungan lipat dengan variasi overlap dan tebal material. setelah itu dilakukan pengujian kekuatan tarik. setelah diperoleh data kekuatan tarik maka dilakukan pengolahan data dan analisa. Dari hasil analisa kita dapat menarik kesimpulan dan saran dari penelitian ini. Target luaran penelitian ini adalah makalah ilmiah yang akan dipublikasikan dalam seminar International Conference on Mechanical Construction, Advanced Material, and Energy Conversion ICMCAMEC 2023 yang akan diadakan oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang.

References

. Abdulah, A. (2020). Optimasi single response proses resistance spot welding pada penggabungan baja beda material menggunakan metode eksperimental taguchi. multitek indonesia, 14(2), 69-79.

. Anrinal, A., & Hendri, H. (2013). Analisa kekuatan tarik hasil spot welding baja karbon rendah. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 2(1).

. Haikal, H., & Triyono, T. (2013). Studi literatur pengaruh parameter pengelasan terhadap sifat fisik dan mekanik pada las titik (resistance spot welding). rotasi, 15(2), 44-54.

. Handoyo, D. (2011). Studi Pengaruh Parameter Pengelasan pada Proses Spot Welding Terhadap Kualitas Produk (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

. Handra, N. (2014). Pengaruh Waktu Tekan Dan Hasil Gumpalan Terhadap Kekuatan Geser Pada Las Titik. 4.

. Haryono Wiryosumarto, Teshi Okumura. 1991. “Teknik Pengelasan Logam”. Cetakan kedelapan. Jakarta : PT Pradnya Paramita.

. LLC, M. E. (2018). Guidelines For Resistance Spot Welding. Illinois, USA. uslih, N. M. (2012). Analisa Pengaruh Parameter Pengelasan Spot ing Terhadap Kekuatan Geser Pada Material Aluminium.

. Santanu, H. (2009). Motode preventif dan perbaikan standar komposisi inject untuk menurunkan persentase kecacatan produk polyurethane air filter di PT X (Doctoral dissertation, Petra Christian University).

. Setiawan, S. (2007). Penelitian pengaruh ketebalan dan jumlah las titik terhadap kekuatan geser las titik (spot welding) pada baja st 70 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

. Sujarwo, E. (2008). Peningkatan Kapasitas Produksi Filter Udara RSPUAF Melalui Modifikasi Mesin "Turn Table" 16 Titik Menjadi 32 Titik Injeksi.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Bambang Herlambang, & Wawan Budiarto. (2023). ANALISIS KINERJA PENGELASAN TITIK DAN SAMBUNGAN LIPAT PADA INNER DAN OUTTER FILTER UDARA KENDARAAN METODA UJI TARIK. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(3), 124–139. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i3.2110