Preventive Maintenance Pada Area Roll Kiln Di PT. Satya Raya Keramindoindah

Authors

  • Ferdinan Algifari Putra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Bagus Dwi Cahyono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1447

Keywords:

Roll Kiln, Preventive Maintenance, Box Loading, Suction Loading.

Abstract

Roll Kiln merupakan mesin pembakaran dari glazed body (biscuit) sehingga menjadi keramik matang dan siap untuk dipasarkan. Terdapat 3 zona pada roll kiln yaitu zona preheating (zona dengan suhu rendah dan disebut zona F), zona Heating (Fairing atau pembakaran dengan suhu tinggi dan disebut zona A), dan zona Cooling (zona pendingin dimana suhu mulai diturunkan). Preventive Maintenance adalah proklamasi atau pernyataan di muka berdasarkan pengamatan untuk menjaga (sesuatu) dari kegagalan atau mempertahankannya dari bahaya, kemudian tujuan dari pemeliharaan untuk menjaga aset fisik kami dalam keadaan yang ada. Dengan metode observasi (pengamatan) di lapangan terhadap semua peralatan yang di kerjakan dan dengan metode literatur dapat diketahui bahwa preventive maintenance sangat efektif untuk pemeliharaan alat-alat yang ada pada perusahaan. Dari hasil penelitian preventive maintenance pada roll kiln dapat diketahui bagian keluaran dari rol kiln yang berfungsi untuk mengatur spasi keluaran keramik sebelum masuk ke Box Loading maupun Suction Loading.

 

 

References

Arsyad, M., & Sultan, A. Z. (2018). Manajemen Perawatan. yogyakarta: DEEPUBLISH.

Jorome, E. J. (2011). Moderrn Maintenance. American: The American Management Association, Inc.

Levit, J. (2011). Complete Guide to Preventive and Predictive Maintenance. New York: Industrial Press Inc.

Yusmartato, R. N. (2019). Analisis Arus Motor induksi Rotor Sangkar dengan Mengubah Jumlah Kutub. Buletin Utama Teknik, 112.

honson Suburian, J. ,. (2020). Studi Sistem Star Motor Induksi 3 Phasa dengan Metode Star Delta pada PT. Toba Pulp Lestari TBK. JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA, 83.

Mobley, R. K. (2002). An Introduction to Predictive maintenance. United States of America: Butterwort-Heinemann.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Ferdinan Algifari Putra, & Bagus Dwi Cahyono. (2023). Preventive Maintenance Pada Area Roll Kiln Di PT. Satya Raya Keramindoindah. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(1), 200–210. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1447