ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UMKM TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.91Keywords:
Strategi Digital Marketing; UMKM; Covid-19Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bertujuan mengidentifikasi, menganalisis, mengsintesis dan menggambarkan implementasi digital mareting yang telah dilakukan oleh UMKM Kota Tasikmalaya selama pandemi Covid-19. Terdapat 97 UMKM di Kota Tasikmalaya yang dijadikan sample penelitian. Data diambil menggunakan teknik FGD, kuesioner dan observasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan SWOT, STP dan bauran pemasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Digital marketing yang diimplementasikan oleh UMKM di kota Tasikmalaya selama pandemi covid 19 merupakan strategi yang yang mengadaptasikan produk-produk UMKM berdasarkan SWOT, STP, dan bauran pemasaran. Digital marketing telah membantu UMKM untuk dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasar perubahan perilaku konsumen dan juga kebijakan pemerintah. Ada 4 Digital marketing yang digunakan oleh UMKM di kota Tasikmalaya selama pandemi covid 19 di antaranya: sosial media marketing search engine optimization, content marketing, dan affiliate marketing. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk menganalisis dampak Digital marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM di kota Tasikmalaya.