KEUNGGULAN BERSAING, PROMOSI PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA UMKM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Tri Imaliya Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Asri Winanti Madyoningrum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Madani
  • Widya Nurcahyaningsih Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i3.3379

Keywords:

Competitive Excellence, Social Media Marketing Promotion, Product Innovation, Marketing Performance.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pelaku usaha UMKM di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian dan survei dilakukan di Desa Tomplakan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang terhadap pemilik atau pengelola UMKM. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 pelaku usaha UMKM dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebar kuersioner. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran; promosi pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran; inovasi produk secara positif dan signifikan berpengaru terhadap kinerja pemasaran. Hasil nilai F hitung sebesar 90,314 > nilai F tabel yaitu 2,9752 dan nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima artinya variabel keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Z., Sulhaini, S., & Sagir, J. (2022). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PENGRAJIN MUTIARA DI KOTA MATARAM. Jurnal Riset Pemasaran, 1(1). https://doi.org/10.29303/jrp.v1i1.1754

Amin, M., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2019). ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI SENTRA INDUSTRI MEBEL DESA SEMBUNGAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(02). https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.664

Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198

Hidayat, Y. A., Purnamasari, E., Wahyuni, S., Astuti, R. D., & Supaya, S. (2022). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA KINERJA PEMASARAN: PROPOSISI NILAI SOSIAL PRODUK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p04

Indrawati, J., & Utama, L. (2023). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN PEMASARAN DAN MEDIA SOSIAL. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(3). https://doi.org/10.31253/pe.v21i3.1911

Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8581

Latifah, N., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1144–1152. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31285

Nina, Y., Hinelo, R., & Isa, R. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Kuliner Ayam Geprek di Era Pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1).

Nursolih, E. (2022). PENGARUH MARKET ORIENTATION DAN NETWORKING TERHDAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Keripik yang Terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis). Jurnal Media Teknologi, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2777

Prihadi, D., & Mulyana, Y. (2019). Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1). https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.004

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Putri, P. L., & Sari, K. D. C. (2022). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Pelaku Umkm Binaan Rumah Bumn Purwokerto Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi. Among Makarti, 15(2), 233–247. https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.323

Putriasih, D. M., & Giantari, I. G. A. K. (2021). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Kuliner Di Badung. Buletin Studi Ekonomi, 26(2), 207. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i02.p05

Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan, R. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.37366/master.v2i2.481

Wibowo, M. A., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2412

Wiryawan, I. P. G. H., & Seminari, N. K. (2022). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(6), 1090. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i06.p02

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Tri Imaliya, Asri Winanti Madyoningrum, & Widya Nurcahyaningsih. (2023). KEUNGGULAN BERSAING, PROMOSI PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA UMKM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 77–92. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i3.3379

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.