KEUNGGULAN BERSAING, PROMOSI PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA UMKM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i3.3379Keywords:
Competitive Excellence, Social Media Marketing Promotion, Product Innovation, Marketing Performance.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pelaku usaha UMKM di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian dan survei dilakukan di Desa Tomplakan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang terhadap pemilik atau pengelola UMKM. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 pelaku usaha UMKM dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebar kuersioner. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran; promosi pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran; inovasi produk secara positif dan signifikan berpengaru terhadap kinerja pemasaran. Hasil nilai F hitung sebesar 90,314 > nilai F tabel yaitu 2,9752 dan nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima artinya variabel keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
References
Amelia, Z., Sulhaini, S., & Sagir, J. (2022). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PENGRAJIN MUTIARA DI KOTA MATARAM. Jurnal Riset Pemasaran, 1(1). https://doi.org/10.29303/jrp.v1i1.1754
Amin, M., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2019). ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI SENTRA INDUSTRI MEBEL DESA SEMBUNGAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(02). https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.664
Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198
Hidayat, Y. A., Purnamasari, E., Wahyuni, S., Astuti, R. D., & Supaya, S. (2022). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA KINERJA PEMASARAN: PROPOSISI NILAI SOSIAL PRODUK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p04
Indrawati, J., & Utama, L. (2023). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN PEMASARAN DAN MEDIA SOSIAL. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(3). https://doi.org/10.31253/pe.v21i3.1911
Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8581
Latifah, N., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1144–1152. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31285
Nina, Y., Hinelo, R., & Isa, R. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Kuliner Ayam Geprek di Era Pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1).
Nursolih, E. (2022). PENGARUH MARKET ORIENTATION DAN NETWORKING TERHDAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Keripik yang Terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis). Jurnal Media Teknologi, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2777
Prihadi, D., & Mulyana, Y. (2019). Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1). https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.004
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Putri, P. L., & Sari, K. D. C. (2022). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Pelaku Umkm Binaan Rumah Bumn Purwokerto Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi. Among Makarti, 15(2), 233–247. https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.323
Putriasih, D. M., & Giantari, I. G. A. K. (2021). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Kuliner Di Badung. Buletin Studi Ekonomi, 26(2), 207. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i02.p05
Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan, R. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.37366/master.v2i2.481
Wibowo, M. A., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2412
Wiryawan, I. P. G. H., & Seminari, N. K. (2022). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(6), 1090. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i06.p02
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.