PERANAN PERSONEL APRON MOVEMENT CONTROL DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DI SISI UDARA PADA BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

Authors

  • Bima Pambudi Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta
  • Sri Sutarwati Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.299

Keywords:

Apron Movement Control (AMC), Bandar Udara, Kebersihan Apron

Abstract

Keselamatan penerbangan sangat penting, oleh karena itu para pihak yang terlibat dalam aktivitas di sisi udara (Apron) harus selalu mematuhi aturan sesuai undang-undang, peraturan pemerintah dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Pada kenyataanya di wilayah apron atau (sisi udara) masih sering terjadi pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan personel  Apron Movement Control dalam menjaga kebersihan di sisi udara pada Bandara Udara Sultan Hasanuddin Makassar, dan mengetahui kendala yang dihadapi  petugas Apron Movement Control dalam menjalankan tugas menjaga kebersihan di sisi udara.

 

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara, data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan metode triangulasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan personel apron movement control (AMC) dalam menjaga kebersihan disisi udara sangat penting. Petugas  AMC belum  sepenuhnya melaksanakan tugas mengawasi dan menjaga kebersihan di sisi udara sesuai SOP yang ditetapkan di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar. Dalam melakukan patroli untuk mengawasi kebersihan di sisi udara yang seharusnya berjumlah 2 orang tetapi hanya dilakukan oleh 1 orang petugas hal ini di karnakan kurangnya sumber daya manusia (SDM). Kendala yang dihadapi petugas AMC pada saat menjalankan tugas dalam menjaga kebersihan disisi udara yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas kendaraan untuk melakukan patroli masih  kurang, petugas ground handling kurang menjaga kebersihan, petugas maskapai kurang komunikatif bila terjadi tumpahan oli.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Pambudi, B. ., & Sutarwati, S. . (2022). PERANAN PERSONEL APRON MOVEMENT CONTROL DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DI SISI UDARA PADA BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.299

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.