PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PADA MASKAPAI CITILINK

Authors

  • Pilian Gilar Gifalyn Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.259

Keywords:

Marketing strategy, Marketing strategi concept, Marketing mix, Citilink Airlines

Abstract

Persaingan dalam dunia penerbangan semakin hari semakin ketat, menuntut setiap perusahaan dalam hal ini maskapai penerbangan untuk menerapkan strategi khusus untuk meningkatkan jumlah penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep strategi pemasaran dan bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang pada maskapai Citilink.

Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh: data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan teknik analisis data: reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan jumlah penumpang maskapi Citilink menerapkan konsep strategi pemasaran dengan segmentasi pasar pada kelas menengah kebawah, target pasar yaitu penerbangan domestik, positioning menjadi maskapai berbiaya rendah dengan pelayanan berkelas 4 star lcc dari skytrax, market entry strategy dengan bekerjasama dengan perusahaan induk yaitu Garuda Indonesia. Timming strategy dengan memperhatikan kondisi pasar yang ada untuk mempersiapkan produknya sebaik mungkin sebelum di turunkan kepasar. Kemudian pada bauran pemasaran produk maskapai Citilink dengan menghadirkan berbagai fasilitas jasa, penggunaan pesawat terbaru, rute penerbangan domestik yang bervariasi. Strategi harga dengan menawarkan harga yang terjangkau, strategi tempat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Strategi promosi melalui media online. Strategi orang dengan memberikan pelatihan kepada setiap karyawan, strategi proses dengan memberikan pelayan sesuai SOP dan prokes yang ketat. Strategi bukti fisik dengan penggunaan jenis pesawat terbaru, penghargaan 4 star LCC, seragam awak kabin yang mudah dikenali.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Gifalyn, P. G. . (2022). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PADA MASKAPAI CITILINK. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.259

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.