STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA TOKO KUE TWINCAKES DI AIR HITAM KEC. SUNGAI GELAM, KAB. MUARO JAMBI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Welly Oktaviyanti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahsan Putra Hafiz Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yuliana Safitri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2346

Keywords:

Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan dengan menggunakan analisis SWOT pada toko kue Twincakes jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 3 informan yaitu pemilik, karyawan dan pelanggan. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan pada toko kue Twincakes menggunakan analisis SWOT sebagai berikut : strengths (kekuatan) yaitu bahan baku yang digunakan berkualitas, bahan baku pembuatan kue mudah diperoleh, proses pembuatan relatif mudah, menggunakan alat produksi modern, desain dan model produk yang menarik, harga bervariasi dan memberikan pelayanan yang terbaik, weaknesses (kelemahan) yaitu keterbatasan modal, kurangnya sumber daya manusia, volume produksi masih kurang, lahan parkir kurang luas, memiliki kadaluarsa yang cepat,  opportunities (peluang) yaitu usaha sejenis masih kurang, lokasi usaha strategis, mengadakan promosi dan diskon, menerapkan sistem PO dan COD, threat (ancaman) yaitu tingkat persaingan dengan usaha lain dan faktor cuaca dalam proses pengantaran.

References

Agama RI, Departemen. Al-Qur’an Tarjamahan. Bandung: PT. Alma‟arif, 1987.

Assauri, Sofian. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.

Edi, Rosi Fandi Sarwo. Teori Wawancara Psikodiagmostik. Yogyakarta: PT. Lautika Nouvalitera, 2006.

Fachruddin, Fuad. Agama Dan Pendidikan Demokrasi Pengalaman Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama. Jakarta: Pustaka Alvabet dan Yayasan INSEP, 2006.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Mursid, Muhammad. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Mursid, Muhammad. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Musfar Tengku Firli, Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran, (CV. Media Sains Indonesia).

Oktarini, Riri. Buku Ajar Strategi Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

Rangkuti, Freddy.op.cit.

Rahman, Rani. Op.Cit.,

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D I. Bandung: Alfabeta CV, 2016.

Suhasmi, Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suharimi, Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Supardi. Metodologi Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press, 2005.

Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2004).

Ferantika, Ayu, Meisak, Laura Prasasti, dan Masgi. “Penentuan Alternatif Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis SWOT Melalui Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pada Peningkatan Pendapatan UMKM KUBE.” Jurnal, Akutansi Dan Manajemen, Universitas Dinamika Bangsa Jambi, 2022, 25-35.

Fitriani, Qonita Alfia dan Susi Hariyati. “Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Lawu Adventure Di Sidoarjo,” 2019,80-91.

Ghassani, Dewi Bussaina, Ermayana Megawati dan Muhammad Bagus Setiawan, “Analisis Kebutuhan Penataan Lahan Parkir di Pegandon Kabupaten Kendal”, Jurnal, Universitas Selamat Sri, 2019, 22.

Hulu Budi Yohanes Dakhi, and Erasma F. Zalogo. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya.” Jurnal, Riset Manajemen Dan Bisnis, 2021, 16-25.

Murti Annisa. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Toko Duo Sister Hijab Kota Bengkulu.” Jurnal, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2020, 1-16.

Nur Rizki Wahid. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Rumah Makan Pelangi Kabupaten Wakatobi Menurut Perspektif Ekonomi Syariah.” Jurnal, Ilmu Ekonomi Islam, IAIN Kebumen, 2022, 92-110.

Posumah, Raynaldo Fabian Karel, Joy Elly Tulung dan Shinta J.C. Wangke, “Analisis Pengaruh Rasio Permodalan, Kualitas Piutang, Likuiditas dan Rasio Gearing Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pembiayaan Periode 20172020”, Jurnal, EMBA Vol. 10 No. 3 Juli 2022, 1018.

Sari Windya, Basuki, and Prihatini Ade Mayyita. “Kebijakan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Omset Penjualan Pada PT. Antarmitra Sembada Cabang Banjarmasin Melalui Pendekatan Analisis SWOT.” Jurnal, Universitas Islam Kalimantan, 2021, 1-13.

Nengsih Titin Agustin, Bella Arisha, and Yuliana Safitri. “Statistik Deskriptif Dengan Program R.” PT. Sonpedia Publishing Indonesia Desember 2022, 16.

Yusuf Muhammad Maksudi. “Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian Pada UMKM Inoy Daily Wear Di Tasikmalaya,” Jakarta 2020, 94-101.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Oktaviyanti, W., Hafiz, A. P. ., & Safitri, Y. . (2023). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA TOKO KUE TWINCAKES DI AIR HITAM KEC. SUNGAI GELAM, KAB. MUARO JAMBI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 96–108. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2346

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.