PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ZIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN DANA ZIS (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN CILACAP)

Authors

  • Khurul ‘Aini Imlati UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Iin Solikhin UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2331

Keywords:

Transparansi, Akuntabilitas, dan Minat Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi dan akuntabilitas pengelolaan ZIS terhadap minat masyarakat dalam menyalurkan dana ZIS melalui Baznas Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para donatur dari Baznas Kabupaten Cilacap. Metode pengambilan sampel yang digunakan convenience sampling yaitu teknik penentuan sampel yang ditemui peneliti bersedia menjadi responden untuk dijadikan sampel peneliti memilih orang terdekat saja. Analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman, koefisien konkordinasi kendall w dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi SPSS (StatisticalProduct and Service Solution) Versi 26.

Berdasarkan analisis korelasi rank spearman dapat disimpulkan bahwa transparansi secara parsial berpengaruh positif terhadap minat masyarakat hal tersebut dikarenakan nilai sig. Sedangkan akuntabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menyalurkan dana ZIS melalui Baznas Kabupaten Cilacap hal tersebut dikarenakan nilai signifikan. Untuk hasil hipotesisnya diperoleh nilai Asymp.Sig., sebesar 0,000. Karena nilai Asymp.Sig., ≤ 0,05 maka keputusan uji adalah H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara transparansi dan akuntabilitas pengelolaan ZIS terhadap minat masyarakat dalam menyalurkan dana ZIS melalui Baznas Kabupaten Cilacap

References

BAZNAS. “Profil BAZNAS”. Diakses dari https://baznas.go.id/. pada tanggal 16 November 2020, pukul 12.00 WIB.

Desak Putu Pratiwi, Made Aristia Prayudi, Made Arie Wahyuni. 2018. Mengungkap Minat dan Perilaku Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Pada Kelompok Sadar Wisata Tunjung Mekar (Studi kasus pada kelompok sadar Wisaata Tunjung Mekar Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali) dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi (JIMAT) Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 10 No. 2.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitaif ; Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Deepublish.

Firmansyah, Deri dan Dede. 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH). Vol.1, No.2

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. UNDIP.

Hafidhuddin, Didin. (2002). Zakat dalam Perekonomian Modern. Jakarta : Gema Insani Press.

Hakim, Rahmad. 2020. Manajemen Zakat Histori, Konsepsi, dan Implementasi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Hermawan, H. (2020). Metodologi Kuantitatif Riset Bidang Kepariwisataan. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Prenadamedia Group.

Isna, Alizar dan Warto. 2013. Analisis Data Kuantitatif Dengan IBM SPSS Statistics 20 Panduan Praktis Untuk Penelitian Sosial : Dilengkapi Dengan Analisis Regresi Nominal dan Ordinal. Purwokerto : STAIN Press.

Jitmau, F, Kalangi, L, dan Lambey, L. 2017. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Di Kabupaten Sorong). E-Journal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo : Zifatama Publishing.

Mardiasmo. Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2002.

Muh. Ashari Assaggaf. 2016. “Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Pada BAZNAS Kota Makassar Ruang Lingkup UPZ Kantor Kementerian Agama Kota Makassar)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Alauddin Makassar.

Mulya Fitria Amnesty, Satria Yandi, Firdaus. (2017). Pengaruh Understanding Customer Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Internal Pada Desain Tata Ruang Rsgm Baiturrahmah Padang. Jurnal B-Dent, Vol 4, No.1

Ngakil, Ibnu dan Kaukab, M. Elfan. 2020. “Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Wonosobo” dalam Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol. 3, No. 2.

Nofitasari, Rizka Fitria.2019. “Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Laporan KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI Pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdatul Ulama Provinsi Lampung”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Sumatera Utara.

Rohman, Muhammad Nasrudin Abdur. 2017. “Pengaruh Trasnparansi, Akuntabilitas, dan Kualitas Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Di Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatulloh Tulungagung”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulunggangung.

Rosadi, Aden. 2019. Zakat dan Wakaf Konsepsi, Regulasi, dan Implementasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Shofia Nur Mumtahanah, Aditya Septiani. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Moderasi Kepemilikan Saham Oleh Keluarga (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Diponegoro Journal Of Accounting. Semarang. 6(4), 1-13.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.

Sodik, Muhammad Ali dan Sandu Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2018. metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supani. 2010. Zakat di Indonesia Kajian fikih dan perundang-undangan. STAIN Press : Yogyakarta

Tafsirweb. “Quran Surat At- Taubah”. diakses dari https://tafsirweb.com/3076-quran-surat-at-taubah-ayat-60.html. pada tanggal 16 November 2020, pukul 15.20.

Taniredja, Tukiran., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Alfabeta

Widilestariningtyas, Ony. 2014. Implementasi Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dalam Jurnal Ekonomi, 2014.

Yuliafitri, Indri dan Asma Nur Khoiriyah. Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki, Jurnal ekonomi Islam Volume 7 No. 2 Juli-Desember 2016.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Imlati, K. ‘Aini, & Solikhin, I. . (2023). PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ZIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN DANA ZIS (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN CILACAP). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 57–77. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2331

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.